GBK3104 - Evaluasi Pembelajaran

Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas

GBK3102 - Asesmen Ranah Afektif

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes dalam ranah afektif, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen, mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasi hasil instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling.

GBK2101 - Konsep Dasar Bimbingan Kelompok

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep kelompok dan dinamika kelompok, prosedur dasar bimbingan kelompok; termasuk berbagai strategi, metode, teknik, dan keterampilan layanan bimbingan kelompok

GBK1105 - Kesehatan Mental

Mata kuliah ini mengkaji konsep kesehatan mental, karakteristik pribadi sehat dan pribadi tidak sehat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, dan strategi mengelola stress dan frustasi serta penanganan masalah kesehatan mental dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling.

GBK1102 - Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat bimbingan dan konseling, landasan yang digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling, perspektif historis bimbingan dan konseling, ekspektasi kinerja konselor/ guru bimbingan dan konseling, paradigma layanan bimbingan dan konseling, kerangka kerja utuh bimbingan dan konseling, dan standar kompetensi kemandirian peserta didik

GBK1101 - Pengantar Pendidikan

Mata kuliah ini memuat kajian yang komprehensif dan kontekstual tentang dasar-dasar pendidikan, keilmuan pendidikan, dan aspek dinamika pendidikan. Dasar-dasar pendidikan meliputi hakikat manusia dan perkembangannya, sejarah pendidikan, landasan pendidikan, asas pendidikan, dan profesi pendidikan. Keilmuan kependidikan meliputi teori pendidikan (grand teori), pendidikan sebagai ilmu, dan pendidikan sebagai sistem. Aspek dinamika pendidikan meliputi pembaharuan pendidikan dan permasalahan pendidikan yang di antaranya meliputi materi tentang pendidikan karakter dan multikultural dalam pendidikan.