GBK4107-Konseling Kekerasan Pada Anak
Mata kuliah ini membahas tentang jenis-jenis kekerasan, karakteristik perilaku yang mengalami kekerasan, kondisi sosial masayarakat yang menyebabkan kekerasan pada anak, fungsi layanan serta strategi untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling pada anak yang mengalami kekerasan
GBK3104 - Evaluasi Pembelajaran
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar
evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah
pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil
evaluasi, pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program
dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas
GBK3102 - Asesmen Ranah Afektif
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes
dalam ranah afektif, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen,
mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasi hasil
instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling.
GBK2101 - Konsep Dasar Bimbingan Kelompok
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep kelompok dan dinamika kelompok,
prosedur dasar bimbingan kelompok; termasuk berbagai strategi, metode, teknik, dan
keterampilan layanan bimbingan kelompok
GBK1105 - Kesehatan Mental
Mata kuliah ini mengkaji konsep kesehatan mental, karakteristik pribadi sehat dan pribadi
tidak sehat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, dan strategi mengelola stress
dan frustasi serta penanganan masalah kesehatan mental dengan menggunakan pendekatan
kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling.
GBK1102 - Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat bimbingan dan konseling, landasan yang digunakan
dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling, perspektif historis bimbingan dan
konseling, ekspektasi kinerja konselor/ guru bimbingan dan konseling, paradigma layanan
bimbingan dan konseling, kerangka kerja utuh bimbingan dan konseling, dan standar
kompetensi kemandirian peserta didik
GBK1101 - Pengantar Pendidikan
Mata kuliah ini memuat kajian yang komprehensif dan kontekstual tentang dasar-dasar
pendidikan, keilmuan pendidikan, dan aspek dinamika pendidikan. Dasar-dasar pendidikan
meliputi hakikat manusia dan perkembangannya, sejarah pendidikan, landasan pendidikan, asas
pendidikan, dan profesi pendidikan. Keilmuan kependidikan meliputi teori pendidikan (grand
teori), pendidikan sebagai ilmu, dan pendidikan sebagai sistem. Aspek dinamika pendidikan
meliputi pembaharuan pendidikan dan permasalahan pendidikan yang di antaranya meliputi
materi tentang pendidikan karakter dan multikultural dalam pendidikan.