GBK2213 - Manajemen Berbasis Sekolah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar manajemen berbasis sekolah, karakteristik
manajemen berbasis sekolah, komponen manajemen berbasis sekolah, tujuan manajemen
berbasis sekolah, prinsip manajemen berbasis sekolah, implementasi manajemen mutu melalui
konsep manajemen berbasis sekolah, kualitas layanan dalam pendidikan.
GBK3208 - Penelitian Kuantitatif
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat penelitian kuantitatif, jenis-jenis penelitian
kuantitatif, rancangan penelitian kuantitatif, langkah-langkah penelitian kuantitatif, dan latihan
menyusun proposal penelitian kuantitatif, melaksanakan penelitian kuantitatif dan melaporkan
hasil penelitian kuantitatif bagi kepentingan bimbingan dan konseling
GBK3213 - Konseling Keluarga
Mata kuliah ini membahas konsep esensial tentang riwayat singkat timbulnya konseling
keluarga, kegunaan konseling keluarga, landasan teori, tujuan dan fungsi konseling keluarga,
model-model dan pendekatan-pendekatan konseling keluarga pada tatanan sekolah.
GBK1208 - Bimbingan dan Konseling Belajar
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling belajar,
meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan landasan penyelenggaraan bimbingan dan konseling
belajar; pendekatan dan strategi layanan bimbingan belajar; kajian tentang materi-materi
dalam bimbingan belajar meliputi potensi diri dalam aspek belajar, sikap dan kebiasaan belajar
yang positif, motivasi berprestasi sepanjang hayat, keterampilan- keterampilan belajar yang
efektif, perencanaan pendidikan lanjut, serta persiapan menghadapi ujian.
GBK3210 - Asesmen Ranah Perilaku
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes
dalam ranah perilaku, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen,
mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasikan hasil
instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling
GIP1201 - Perkembangan Peserta Didik BK
Mata kuliah ini membahas wawasan teoritik dan kontekstual tentang perkembangan peserta
didik dari segi teori perkembangan; aspek-aspek perkembangan (fisik-psikomotorik, kognitif,
bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual), tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan;
karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta memfasilitasi pengembangan
kemampuan melakukan asesmen pemahaman individu peserta didik dari segi teoretik dan
praktik diagnosis perkembangan peserta didik serta solusi dari masalah perkembangan peserta
didik.
GBK2216 - Diagnostik Kesulitan Belajar
Mengkaji gejala-gejala kesulitan belajar, prosedur, teknik, langkah-langkah mengatasi kesulitan
belajar dan prosedur pemberian layanan (pengajaran remedial, pengayaan serta layanan
penguasaan konten).
GBK1211 - Konsep Dasar Konseling Individual
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, tujuan, prinsip dan etika dalam melaksanakan
konseling, komunikasi verbal dan non verbal, kualitas pribadi konselor, dan karakteristik
konseli serta berbagai teknik dalam melaksanakan konseling perorangan.
GBK1213 - Psikologi Konseling
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, hakikat dan perkembangannya, beberapa istilah
pokok yang berhubungan dengan profesi konseling, persamaan dan perbedaan antara
konseling dan psikoterapi, tipe-tipe konseling, tujuan konseling, aspek-aspek psikologis dalam
konseling
GBK1209 - Bimbingan dan Konseling Karir
Konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling karir; kajian sumber-sumber, bentuk-bentuk,
cara pengumpulan kriteria evaluasi dan penyimpanan informasi karir; berbagai jenis klasifikasi
jabatan; teori-teori perkembangan dan pemilihan karir; pendekatan-pendekatan bimbingan dan
konseling karir; dan penyelenggaraan bimbingan dan konseling karir
GBK2212 - Asesmen Ranah Kognitif
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes
dalam ranah kognitif, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen,
mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasi hasil
instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling.
GBK3212 - Statistika
Matakuliah ini dirancang untuk mempelajari peranan dan ruang lingkup statistika; konsepkonsep dasar statistik; probabilitas, penyajian data, distribusi frekuensi, tendensi sentral, dan
ukuran variabilitas; statistic non parametric dan parametric.
GBK2214 - Pendekatan Utama Konseling
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, karateristik, tujuan dan teknik dari
berbagai pendekatan dalam konseling: pendekatan psikoanalisis, humanistik, client centered,
gestalt, behavioristik, rasional emotif, realitas dan eklektik dalam praktek melaksanakan
layanan konseling individual dan kelompok.
GBK3211 - Deteksi Dini Perilaku Bermasalah
Mata kuliah ini membahas tentang perilaku tidak matang, perilaku cerminan rasa tidak aman,
perilaku kelainan kebiasaan, mengidentifikasi masalah dengan teman sebaya, mengidentifikasi
masalah tingkah laku anti sosial dan mengidentifikasi masalah lain-lain serta model-model
intervensi.
GBK2210 - Konsep Dasar Konseling Kelompok
Mata kuliah ini membahas tentang teori, pengertian, tujuan, analisis masalah yang dapat
dibantu melalui konseling kelompok, unsur-unsur pokok pendekatan kelompok, dan tahapan
pelaksanaan dalam layanan konseling kelompok.
GBK3209 - Konseling Krisis
Mata kuliah konseling krisis adalah mata kuliah yang mengkaji konsep krisis, gejala-gejala
krisis, tahapan terjadinya krisis, peristiwa pemicu krisis di sekolah dan masyarakat serta
kebutuhan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling krisis di sekolah serta praktek
pelaksanaannya
GBK2211 - Praktikum Bimbingan Kelompok
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengaplikasikan dan melatih mahasiswa dalam menerapkan
tahapan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan berbagai teknik, serta membuat
laporan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok.
GBK2215 - Evaluasi dan Supervisi BK
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip evaluasi dan supervisi, evaluasi dan supervisi
empirik program bimbingan dan konseling, model-model evaluasi dan supervisi program;
pengembangan instrumen evaluasi dan supervisi program, analisis hasil evaluasi dan supervisi
program bimbingan dan konseling, penyusunan rekomendasi untuk perbaikan dan
pengembangan program bimbingan dan konseling, penyusunan laporan hasil evaluasi dan
supervisi program; pengkajian aspek etik, legal, dan regulasi profesi, manejemen kasus, trend
dan isu evaluasi dan supervisi bimbingan dan konseling.
GBK1212 - Psikologi Kepribadian
Mata kuliah ini membahas materi tentang pengetahuan mengenai berbagai teori kepribadian
yang berkaitan dengan struktur, dinamika dan perkembangan kepribadian serta hubungannya
dengan bimbingan dan konseling.
GBK2217-BK Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar
Mata kuliah bimbingan dan konseling anak usia dini dan sekolah dasar merupakan mata kuliah
aplikatif yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami dan menerapkan layanan bimbingan
dan konseling komprehensif yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dan sekolah dasar,
menguasai konsep bimbingan dan konseling di pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar,
dan mengelola layanan bimbingan dan konseling di kelas pendidikan anak usia dini dan
sekolah dasar yang menjadi tanggung jawabnya.
GBK1210 - Belajar dan Pembelajaran
Mata kuliah ini berisi kajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran sesuai konteks peradaban
masyarakat, teori belajar dan pembelajaran berdasarkan paradigma terkemuka, determinan yang
berpengaruh dalam proses belajar, identifikasi kondisi pembelajaran, komponen pembelajaran
sebagai suatu sistem (peserta didik, guru, tujuan, isi, strategi, media belajar, dan evaluasi),
model-model pembelajaran menurut rumpunnya, prinsip belajar dan pembelajaran yang spesifik,
prinsip kurikulum dalam melaksanakan model pembelajaran, perancangan pembelajaran yang
berorientasi pada kebutuhan peserta didik, serta perangkat pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mendukung profesionalitas sebagai tenaga pendidik yang inovatif.