GBK2213 - Manajemen Berbasis Sekolah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar manajemen berbasis sekolah, karakteristik manajemen berbasis sekolah, komponen manajemen berbasis sekolah, tujuan manajemen berbasis sekolah, prinsip manajemen berbasis sekolah, implementasi manajemen mutu melalui konsep manajemen berbasis sekolah, kualitas layanan dalam pendidikan.

GBK3208 - Penelitian Kuantitatif

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat penelitian kuantitatif, jenis-jenis penelitian kuantitatif, rancangan penelitian kuantitatif, langkah-langkah penelitian kuantitatif, dan latihan menyusun proposal penelitian kuantitatif, melaksanakan penelitian kuantitatif dan melaporkan hasil penelitian kuantitatif bagi kepentingan bimbingan dan konseling

GBK3213 - Konseling Keluarga

Mata kuliah ini membahas konsep esensial tentang riwayat singkat timbulnya konseling keluarga, kegunaan konseling keluarga, landasan teori, tujuan dan fungsi konseling keluarga, model-model dan pendekatan-pendekatan konseling keluarga pada tatanan sekolah.

GBK1208 - Bimbingan dan Konseling Belajar

Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling belajar, meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan landasan penyelenggaraan bimbingan dan konseling belajar; pendekatan dan strategi layanan bimbingan belajar; kajian tentang materi-materi dalam bimbingan belajar meliputi potensi diri dalam aspek belajar, sikap dan kebiasaan belajar yang positif, motivasi berprestasi sepanjang hayat, keterampilan- keterampilan belajar yang efektif, perencanaan pendidikan lanjut, serta persiapan menghadapi ujian.

GBK3210 - Asesmen Ranah Perilaku

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes dalam ranah perilaku, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen, mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasikan hasil instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling

GIP1201 - Perkembangan Peserta Didik BK

Mata kuliah ini membahas wawasan teoritik dan kontekstual tentang perkembangan peserta didik dari segi teori perkembangan; aspek-aspek perkembangan (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual), tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan; karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta memfasilitasi pengembangan kemampuan melakukan asesmen pemahaman individu peserta didik dari segi teoretik dan praktik diagnosis perkembangan peserta didik serta solusi dari masalah perkembangan peserta didik.

GBK2216 - Diagnostik Kesulitan Belajar

Mengkaji gejala-gejala kesulitan belajar, prosedur, teknik, langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar dan prosedur pemberian layanan (pengajaran remedial, pengayaan serta layanan penguasaan konten).

GBK1211 - Konsep Dasar Konseling Individual

Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, tujuan, prinsip dan etika dalam melaksanakan konseling, komunikasi verbal dan non verbal, kualitas pribadi konselor, dan karakteristik konseli serta berbagai teknik dalam melaksanakan konseling perorangan.

GBK1213 - Psikologi Konseling

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, hakikat dan perkembangannya, beberapa istilah pokok yang berhubungan dengan profesi konseling, persamaan dan perbedaan antara konseling dan psikoterapi, tipe-tipe konseling, tujuan konseling, aspek-aspek psikologis dalam konseling

GBK1209 - Bimbingan dan Konseling Karir

Konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling karir; kajian sumber-sumber, bentuk-bentuk, cara pengumpulan kriteria evaluasi dan penyimpanan informasi karir; berbagai jenis klasifikasi jabatan; teori-teori perkembangan dan pemilihan karir; pendekatan-pendekatan bimbingan dan konseling karir; dan penyelenggaraan bimbingan dan konseling karir

GBK2212 - Asesmen Ranah Kognitif

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar dan praktik instrumentasi tes dan non tes dalam ranah kognitif, perlunya instrumen dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, jenisjenis instrumen, syarat-syarat instrumen yang baik, pengembangan instrumen, mengadministrasikan instrumen, menganalisis, menggunakan dan mengkomunikasi hasil instrumentasi dalam layanan bimbingan dan konseling.

GBK3212 - Statistika

Matakuliah ini dirancang untuk mempelajari peranan dan ruang lingkup statistika; konsepkonsep dasar statistik; probabilitas, penyajian data, distribusi frekuensi, tendensi sentral, dan ukuran variabilitas; statistic non parametric dan parametric.

GBK2214 - Pendekatan Utama Konseling

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, karateristik, tujuan dan teknik dari berbagai pendekatan dalam konseling: pendekatan psikoanalisis, humanistik, client centered, gestalt, behavioristik, rasional emotif, realitas dan eklektik dalam praktek melaksanakan layanan konseling individual dan kelompok.

GBK3211 - Deteksi Dini Perilaku Bermasalah

Mata kuliah ini membahas tentang perilaku tidak matang, perilaku cerminan rasa tidak aman, perilaku kelainan kebiasaan, mengidentifikasi masalah dengan teman sebaya, mengidentifikasi masalah tingkah laku anti sosial dan mengidentifikasi masalah lain-lain serta model-model intervensi.

GBK2210 - Konsep Dasar Konseling Kelompok

Mata kuliah ini membahas tentang teori, pengertian, tujuan, analisis masalah yang dapat dibantu melalui konseling kelompok, unsur-unsur pokok pendekatan kelompok, dan tahapan pelaksanaan dalam layanan konseling kelompok.

GBK3209 - Konseling Krisis

Mata kuliah konseling krisis adalah mata kuliah yang mengkaji konsep krisis, gejala-gejala krisis, tahapan terjadinya krisis, peristiwa pemicu krisis di sekolah dan masyarakat serta kebutuhan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling krisis di sekolah serta praktek pelaksanaannya

GBK2211 - Praktikum Bimbingan Kelompok

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengaplikasikan dan melatih mahasiswa dalam menerapkan tahapan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan berbagai teknik, serta membuat laporan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok.

GBK2215 - Evaluasi dan Supervisi BK

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip evaluasi dan supervisi, evaluasi dan supervisi empirik program bimbingan dan konseling, model-model evaluasi dan supervisi program; pengembangan instrumen evaluasi dan supervisi program, analisis hasil evaluasi dan supervisi program bimbingan dan konseling, penyusunan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan program bimbingan dan konseling, penyusunan laporan hasil evaluasi dan supervisi program; pengkajian aspek etik, legal, dan regulasi profesi, manejemen kasus, trend dan isu evaluasi dan supervisi bimbingan dan konseling.

GBK1212 - Psikologi Kepribadian

Mata kuliah ini membahas materi tentang pengetahuan mengenai berbagai teori kepribadian yang berkaitan dengan struktur, dinamika dan perkembangan kepribadian serta hubungannya dengan bimbingan dan konseling.

GBK2217-BK Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar

Mata kuliah bimbingan dan konseling anak usia dini dan sekolah dasar merupakan mata kuliah aplikatif yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami dan menerapkan layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dan sekolah dasar, menguasai konsep bimbingan dan konseling di pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar, dan mengelola layanan bimbingan dan konseling di kelas pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar yang menjadi tanggung jawabnya.

GBK1210 - Belajar dan Pembelajaran

Mata kuliah ini berisi kajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran sesuai konteks peradaban masyarakat, teori belajar dan pembelajaran berdasarkan paradigma terkemuka, determinan yang berpengaruh dalam proses belajar, identifikasi kondisi pembelajaran, komponen pembelajaran sebagai suatu sistem (peserta didik, guru, tujuan, isi, strategi, media belajar, dan evaluasi), model-model pembelajaran menurut rumpunnya, prinsip belajar dan pembelajaran yang spesifik, prinsip kurikulum dalam melaksanakan model pembelajaran, perancangan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik, serta perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung profesionalitas sebagai tenaga pendidik yang inovatif.