104 - Gel 1 - 1 - Praktik Pengalaman Lapangan I

Mata kuliah PPL 1 memfasilitasi Mahasiswa mengembangkan dan memperkuat kompetensinya dalam memahami peserta didik, proses dan lingkungan belajar peserta didik, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran secara kontekstual, serta mampu mengambil keputusan profesional. Pengembangan kompetensi dilakukan secara bertahap: (1) melakukan observasi rencana pembelajaran dan praktik pembelajaran di kelas guna memperoleh pemahaman tentang karakteristik peserta didik, lingkungan belajar, implementasi prinsip pengajaran dan asesmen pembelajaran; (2) membantu Guru Pamong dalam melaksanakan pembelajaran; (3) merancang perangkat pembelajaran yang diawali dengan analisis materi dan kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan bidang studinya masing-masing, melaksanakan pembelajaran terbimbing, dan melakukan refleksi dan evaluasi atas pembelajaran untuk mengembangkan perangkat dan melaksanakan pembelajaran berikutnya. Mata kuliah ini terhubung dengan Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya dan Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I.

104 - Gel 1 - 2 - Praktik Pengalaman Lapangan II Umum

Mata kuliah PPL II bertujuan untuk memfasilitasi Mahasiswa dalam memperkuat kompetensinya sebagai guru profesional yang reflektif dan berfokus pada pengembangan potensi siswa baik dari aspek akademik maupun non akademik, serta ikut serta dalam pemecahan masalah terkait peningkatan kualitas pendidikan. Untuk mencapai tujuan mata kuliah ini, Mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap, meliputi: (1) observasi dan wawancara untuk menguatkan pemahaman Mahasiswa terhadap karakter peserta didik, kurikulum, dan lingkungan sekolah, (2) mendesain kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran, pemahaman peserta didik, kurikulum dan lingkungan sekolah, (3) melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (4) melakukan asesmen pembelajaran yang bervariatif dan otentik sesuai dengan tujuan pembelajaran, (5) merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan, (6) mengeksplorasi kegiatan lain selain pembelajaran terkait tugas dan fungsinya sebagai guru profesional, (7) melakukan inovasi meningkatkan kualitas pendidikan. Mata kuliah ini terhubung dengan mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II.

104 - Gel 2 - 1 - Praktik Pengalaman Lapangan I

Mata kuliah PPL 1 memfasilitasi Mahasiswa mengembangkan dan memperkuat kompetensinya dalam memahami peserta didik, proses dan lingkungan belajar peserta didik, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran secara kontekstual, serta mampu mengambil keputusan profesional. Pengembangan kompetensi dilakukan secara bertahap: (1) melakukan observasi rencana pembelajaran dan praktik pembelajaran di kelas guna memperoleh pemahaman tentang karakteristik peserta didik, lingkungan belajar, implementasi prinsip pengajaran dan asesmen pembelajaran; (2) membantu Guru Pamong dalam melaksanakan pembelajaran; (3) merancang perangkat pembelajaran yang diawali dengan analisis materi dan kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan bidang studinya masing-masing, melaksanakan pembelajaran terbimbing, dan melakukan refleksi dan evaluasi atas pembelajaran untuk mengembangkan perangkat dan melaksanakan pembelajaran berikutnya. Mata kuliah ini terhubung dengan Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya dan Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I.

104 - Gel 2 - 2 - Praktik Pengalaman Lapangan II Umum

Mata kuliah PPL II bertujuan untuk memfasilitasi Mahasiswa dalam memperkuat kompetensinya sebagai guru profesional yang reflektif dan berfokus pada pengembangan potensi siswa baik dari aspek akademik maupun non akademik, serta ikut serta dalam pemecahan masalah terkait peningkatan kualitas pendidikan. Untuk mencapai tujuan mata kuliah ini, Mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap, meliputi: (1) observasi dan wawancara untuk menguatkan pemahaman Mahasiswa terhadap karakter peserta didik, kurikulum, dan lingkungan sekolah, (2) mendesain kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran, pemahaman peserta didik, kurikulum dan lingkungan sekolah, (3) melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (4) melakukan asesmen pembelajaran yang bervariatif dan otentik sesuai dengan tujuan pembelajaran, (5) merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan, (6) mengeksplorasi kegiatan lain selain pembelajaran terkait tugas dan fungsinya sebagai guru profesional, (7) melakukan inovasi meningkatkan kualitas pendidikan. Mata kuliah ini terhubung dengan mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II.