GIP 1201 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik mempelajari teori, konsep, kaedah psikologi yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan khususnya belajar dan pembelajaran di sekolah dan luar sekolah yang meliputi pengertian psikologi, perlunya mempelajari psikologi bagi pendidik, aspek-aspek psikologi manusia, konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik remaja dan aplikasinya dalam pendidikan, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan fisik, intelektual, kreativitas, bakat, bahasa, emosi, sosial, moral, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, kemandirian reaja dan upaya mengatasinya, serta pengaruh keluarga, sekolah, masyarakat terhadap perkembangan remaja.

GBI2225 PROFESI PENDIDIKAN

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) Jabatan profesional guru dan perundang-undangan terkait profesional guru; (2) Hakikat kompetensi professional pendidikan, (3) Peran pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan, (4) Mewujudkan kelas yang aman dan sehat, (5) Mewujudkan lingkungan dan pembelajaran yang menyenangkan, (6) Mengembangkan  pembelajaran  edukatif,  (7) Mengembangkan profesionalisme, dan (8) Jenis Karya Ilmiah Pengembangan Profesional Guru

GBI 3216 KARYA TULIS ILMIAH

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang bersifat instrumen dalam pengembangan kepribadian mahasiswa. Terutama dalam hal ini adalah kepribadian dalam bidang menulis karya ilmiah. Dalam mata kuliah ini, ada beberapa topik yang dipelajari secara terperinci yaitu berpikir deduktif, berpikir induktif, berpikir ilmiah, penelitian ilmiah dan karya ilmiah, ciri karangan ilmiah, langkah penulisan karangan ilmiah, penulisan makalah, makalah hasil berpikir deduktif, makalah hasil berpikir induktif, makalah h

GBI 1210 ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Memahami secara komprehensif mengenai konsep dasar lingkungan dan permasalahan lingkungan dalam skala global, nasional, dan lokal serta mampu menghubungkan kegiatan manusia dengan potensi, prospek, dan strategi pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkesinambungan

GBI 2223 EKOLOGI TUMBUHAN 2025

Mata Kuliah ini  mencakup prinsip-prinsip dan konsep-konsep pada ekologi tumbuhan, strategi dan adaptasi tumbuhan terhadap lingkungan, pengertian individu, populasi, vegetasi dan metode analisis vegetasi, ekosistem dan macam-macam ekosistem.

GBI3108 MANAGEMEN BERBASIS SEKOLAH

Mata Kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar kependidikan yang mencakup standar administrasi dan manajemen sekolah, ruang lingkup manajemen dan administrasi sekolah, fungsi-fungsi manajemen dan administrasi sekolah, unsur-unsur manajemen, organisasi dan managemen berbasis sekolah, administrasi sekolah, administrasi sekolah, managerial sekolah berbasis dalam jaringan (daring), pengelolaan sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan. 

GBI 4112 PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Mahasiswa dapat:

1. Menjelaskan pentingnya PTK dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah.;

2. Mejelaskan jenis-jenis penelitian tindakan,

3. Mengidentifiikasi karakteristik penelitian tindakan kelas;

4. Mengidentifikasi prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas,

5. Melakukan identifikasi masalah PTK;

6. Menyusun perumusan masalah PTK;

7. Merumuskan hipotesis tindakan;

8. Merumuskan tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas;

9. Menjelaskan siklus dalam PTK;

10. Menjelaskan langkah-langkah PTK;

11. Menjelaskan fungsi kerangka teoritik;

12. Menjelaskan data dan sumber data;

13. Membuat instrumen pengumpul data

14. Menentukan validitas dan teknik pemeriksaan kepercayaan studi;

15. Menjelaskan teknik analisis data;

GBI1221 EVOLUSI

Mahasiswa Pendidikan Biologi diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menjelaskan tentang konsep-konsep

dan prinsip dasar tentang evolusi dan prosesnya, mengenai asal-usul kehidupan dan keanekaragaman, evolusi makhluk hidup

yang terjadi masa Pra Darwin dan masa Darwin, mekanisme evolusi termasuk di dalamnya mengenai adaptasi dan seleksi alam,

bukti-bukti serta petunjuk evolusi, domestikasi, modifikasi, variasi genetik, spesiasi, evolusi otak manusia, evolusi manusia

secara biologi, budaya dan perilaku.

GBI 4104 MIKROBIOLOGI TERAPAN

Matakuliah ini mengaji tentang penerapan konsep-konsep mikrobiologi pada berbagai bidang meliputi bidang, kesehatan, pangan, industri, peternakan, pertanian, lingkungan dan pengendalian hayati. Matakuliah ini disajikan dalam bentuk teori dan projek

GBI 4110 EKOLOGI TANAH

Mata kuliah rekayasa ekologi tanah membahas tentang pengertian ekologi dan ekologi hewan tanah, Batasan kajian hewan tanah, sejarah perkembangan ekologi, konsep tanah sebagai habitat, klasifikasi hewan tanah, kajian fungsi/peran hewan tanah, struktur komunitas hewan tanah, pengamatan hewan tanah, dan konservasi tanah dalam hubungannya dengan perlindungan terhadap eksistensi dan fungsi hewan tanah.


GBI 3110 METODOLOGI PENELITIAN

Mata kuliah ini membahas tentang, berfikir ilmiah (Deduktif dan Induktif), metode ilmiah, hakikat penelitian secara umum. Secara khusus mata kuliah ini menganalisis dan merancang penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif membahas seputar masalah dan rumusan masalah, variabel, paradigma, teori dan kerangka berfikir, dan desain penelitian eksperimen baik dalam bidang sains Biologi maupun pendidikan Biologi beserta analisis datanya. Penelitian kualitatif membahas pemilihan masalah, teori, populasi dan sampel,instrumen, teknik pengumpulan dan analisis data. Keluaran dari mata kuliah ini adalah tersusunnya proposal penelitian.

GBI 3107 KEWIRAUSAHAAN

Mahasiswa dapat memahami kewirausahaan, mau melakukan wirausaha, terampil melihat peluang wirausaha, terlatih analisis peluang usaha berbasis pendidikan biologi, mampu menyusun proposal untuk membuka usaha baru bidang pendidikan

GBI 3103 MIKROBIOLOGI KELAS PALEMBANG

Mata kuliah ini membahas secara teoritis  mengenai konsep dasar dunia mikroorganisme yang mencakup bakteri, fungi mikroskopis dan virus serta peranannya di bidang lingkungan, kesehatan, pertanian dan industri.   Sasaran akhir mata kuliah ini yaitu meliputi dua aspek yaitu pada aspek kognitif mahasiswa memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip yang ada di dalam dunia mikroorganisme, pada aspek apektif mahasiswa menyadari peran penting mikroorganisme bagi kelangsungan kehidupan umat manusia serta memiliki kepedulian tinggi pada dunia mikroorganisme sebagai bagian dari ekosistem.

Teacher: Khoiron Nazip