2324-02-ESD2217-PRAKTEK HUBUNGAN MASYARAKAT

Mata kuliah Praktek Hubungan Masyarakat ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa fakultas ekonomi, khususyna mahasiswa konsentrasi keseketarisan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami bagaimana hubungan masyarakat serta menguasai tugas-tugas seorang sekretaris dan dapat mempraktikkannya. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pengetahuan dan sikap yang diperlukan bagi jabatan sekretaris agar dapat melakukan tugas-tugas sekretaris dengan baik, sehingga tercipta sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam bidang seketaris.


2324-02-ESD2212-HUBUNGAN MASYARAKAT

Mata kuliah Hubungan Masyarakat ini merupakan mata kuliah berisikan materi yang sifatnya teoritis dan praktis. oleh karena itu, mata kuliah ini berisi bahasan tentang konsep-konsep dasar, sejarah, perencanaan hubungan masyarakat dan teknik komunikasi dalam hubungan masyarakat secara lebih rinci. Buku materi Pokok hubungan masyarakat berisikan tentang pengertian- pengertian dasar humas; konsep publik bagi organisasi: teori komunikasi persuasi dan pendapat umum; proses kerja humas; teknik komunikasi dalam humas; penerapan humas dalam berbagai organisasi; profesionalisme dan etika humas.

2324-02-ESD2216 PRAKTIKUM KEARSIPAN ELEKTRONIK

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mempraktekkan teknik pengolahan arsip, penyimpanan, penggunaan dan pemusnahan arsip secara elektronik pada kirususnya. Mata kuliah ini mengajarkan tentang metode penyimpanan arsip yang berbasis teknologi komputer. Dimana semua kegiatan pengarsipan dilakukan secara praktek mulai dari proses persiapan, penyimpanan, sampai bagaimana cara penemuan kembali arsip yang sudah kita simpan dan tentunya proses pengarsipan secara elektronik ini sangat efektif dan efisien guna membantu kegiatan pekerjaan terutama pekerjaan dalam hal administrasi.

2324-02-ESD2228-Praktikum Investasi Keuangan & Pasar Modal

Mata kuliah ini mempraktikkan pengetahuan dan pemahaman tentang instrumen dan cara transaksi investasi keuangan melalui mekanisme perdagangan pasar modal pada khususnya dan pasar investasi keuangan pada umumnya. Pemahaman tentang pengelompokkan aset dan instrumen keuangan, karakteristik produk investasi keuangan (return) berdasarkan tingkat pengembalian dan risikonya,  konsep portofolio dan analisis baik secara fundamental maupun teknikal sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasi keuangan dipraktikkan dengan menggunakan aplikasi yang tesedia.

2324-02-ESD2271-Investasi Keuangan & Pasar Modal

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman awal kepada mahasiswa tentang investasi keuangan dan pasar modal. Mata kuliah ini penting untuk diberikan mengingat
bahwa pemahaman mahasiswa atas investasi keuangan dan pasar modal diperlukan profesi di dunia keuangan dan akuntan maupun secara personal dalam pengelolaan keuangan individual. Kerangka konsep investasi keuangan dan pasar modal akan memperluas pengetahuan, pandangan dan berimplikasi terhadap pemahaman pada instrumen, mekanisme perdagangan, dan kebijakan-kebijakan dalam proses transaksi investasi keuangan pada umumnya dan produk-produk investasi pasar modal pada khususnya. 


2324-02-ESD2224 Akuntansi Biaya

Dalam dunia bisnis, konsep akuntansi biaya memiliki peran yang sangat vital. Bukan hanya tentang angka-angka, tetapi juga tentang bagaimana setiap rupiah yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk produksi barang atau jasa dihitung, dianalisis, dan dilaporkan.

Akuntansi biaya melampaui sekadar mencatat biaya bahan baku atau tenaga kerja. Ia juga mencakup biaya-biaya tersembunyi yang memengaruhi keseluruhan proses produksi. Dengan pemahaman yang mendalam tentang ini, perusahaan dapat membuat keputusan strategis yang lebih cerdas.

Pada Mata Kuliah ini, Mahasiswa akan menjelajahi lebih lanjut tentang konsep akuntansi biaya, fungsi-fungsinya yang krusial, berbagai jenisnya, serta contoh penerapannya dalam dunia bisnis, lalu lebih dalam untuk memahami peran penting akuntansi biaya dalam mengelola kesehatan finansial sebuah perusahaan.


2324-02-ESD2215 PRAKTIKUM KESEKRETARISAN

Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami tugas-tugas bidang kesekretariatan serta menguasai tugas-tugas seorang sekretaris dan dapat mempraktikkannya. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pengetahuan dan sikap yang diperlukan bagi jabatan sekretaris agar dapat melakukan tugas-tugas sekretaris dengan baik, sehingga tercipta sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam bidang sekretaris.

2324-02- ESD2223- Akuntansi Manajemen

Mata kuliah ini membahas konsep- konsep dasar akuntansi manajemen, baik konsep yang bersifat tradisional maupun kontemporer, meliputi akumulasi biaya dan pembebanan produk, perencanaan dan pengendalian manajemen, serta pengambilan keputusan manajerial. Selain membahas hal- hal yang sifatnya konseptual, mata kuliah ini juga mendiskusikan aplikasi konsep- konsep tersebut dalam dunia praktik.

2324-02- ESD2226- Praktikum Penganggaran Perusahaan

Mata kuliah ini menjelaskan dan mengerjakan kasus untuk konsep dasar penyusunan anggaran perusahaan dan analisis keuangan dan akuntansi dalam penyusunan anggaran perusahaan. Mata Kuliah ini berisikan muatan tentang konsep- konseppenganggaran perusahaan dimulai dari perspektif anggaran perusahaan, perkiraan perusahaan dan anggaran penjualan, anggran komperhensif, anggaran parsial, anggaran fleksibel dan mengenal alat dan menggunakan alat analisis anggaran

2324-02-ESD2211 MANAJEMEN PERKANTORAN

232402-ESD2211 MANAJEMEN PERKANTORAN

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan merinci serta menerapkan konsep dan teori Manajemen Perkantoran sehingga mahasiswa memahami tentang cara pengelolaan kantor, mendesain tata ruang kantor dengan baik, mengelola data menjadi suatu informasi yang berguna bagi pimpinannya. Mata kuliah ini meliputi konsep dan teori manajemen perkantoran tentang peran manajemen perkantoran dalam menyelenggarakan pelayanan, cara pengelolaan kantor, mendesain tata ruang kantor dengan baik, mengelola data menjadi suatu informasi

2324-02-ESD2234-RENCANA PEMASARAN

Mata kuliah ini membahas strategi dan rencana pemasaran, mengumpulkan informasi dan
memindai lingkungan serta melaksanakan riset pemasaran dan meramalkan permintaan,
menciptakan nilai, kepuasan dan loyalitas pelanggan, menganalisis pasara konsumen,
mengidentifikasi segmen dan target pasar. Menciptakan ekuitas merk, membentuk
positioning merk, serta menghadapai persaingan. Mata kuliah ini bertujuan untuk
membahas tentang dasar-dasar manajemen pemasaran serta hal-hal yang tercakup dalam
manajemen pemasaran.

2324-02-ESD2231-PEMASARAN DIGITAL

Mata kuliah ini memberikan basic knowledge tentang aktivitas pemasaran digital dan
konsep-konsep dalam pemasaran digital yang dapat digunakan oleh para pemasar
(pemilik dan manajer perusahaan) untuk memahami karakteristik pemasaran digital,
merancang dan mengevaluasi strategi pemasaran digital. Tujuan mata kuliah Pemasaran
Digital adalah mempelajari cara menerapkan pemasaran digital yang terintegrasi dengan
pemasaran konvensional. Mahasiswa mempelajari prinsip pemasaran digital dan
menganalisa perkembangan yang mempunyai dampak pada perubahan pemasaran digital.

2324-02-ESD2238-PRAKTIKUM BISNIS ECERAN

Mata kuliah ini menekankan kepada praktek berbagai bentuk bisnis eceran, antara
lain: usaha mandiri, usaha swalayan kecil, toko serba ada (toserba), franchise mini market,
dan lain-lain. Pebisnis eceran harus melakukan evaluasi untuk dapat meningkatkan
kualitas serta kemampuan bersaing bisnisnya. Cakupan mata kuliah ini meliputi :
Memahami dunia bisnis ritel,strategi manajemen ritel,manajemen barang dagangan
ritel,dan manajemen toko ritel serta elemen-elemen utama manajemen ritel lainnya
seperti strategi keuangan ritel.

2324-02-ESD2233-BISNIS ECERAN

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa manajemen mengenai aspek-aspek strategi
dan operasional dalam manjemen Ritel,.Cakupan mata kuliah ini meliputi : Memahami
dunia bisnis ritel,strategi manajemen ritel,manajemen barang dagangan ritel,dan manajemen toko ritel serta elemen-elemen utama manajemen ritel lainnya seperti strategi keuangan ritel, manajemen sumber daya manusia ritel, manajemen sistem informasi dan
rantai pasokan ritel Tujuan Pembelajaran a. Hard Skill (berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif). Memahami konsep,pri nsip, teori dan aplikasi manajemen ritel. Memahami strategi bisnis ritel, manajemen barang dagangan dan manajemen toko ritel. b. Soft Skill (berkaitan dengan pengembangan kepribadian)

2324-02-ESD2235-PRAKTIKUM RISET PEMASARAN

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang riset di bidang pemasaran, mulai dari
menemukan masalah, menyususn proposal, menyusun instrumen, menganalisis data,
menginterpretasikan data, dan membuat laporan penelitian. Mata kuliah ini memberikan
landasan teoritis bagi mahasiswa dalam melakukan riset pasar. Diawali dengan materi
mengenai peran riset pasar dalam pengambilan keputusan manajemen, bagaimana
menterjemahkan suatu permasalahan manajemen menjadi suatu pertanyaan penelitian dan
hipotesis hingga bagaimana penyelesaian masalah dengan menggunakan langkah dan
teknik riset pasar.

2324-02-ESD3007 TEKNIK PENULISAN LAPORAN

Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa mengenai teknik penulisan laporan karya ilmiah. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menyusun dan menyajikan laporan karya ilmiah secara sistematis dan terstruktur.

2324-02-ESD2232-PERILAKU KONSUMEN

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami bahwa dengan mengetahui perilaku konsumen di dalam membuat keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian tersebut, maka pemasaran dapat mengetahui cara yang tepat dalam menyesuaikan aktifitas pemasaran tersebut dengan perilaku konsumen yang menjadi target pasarnya; sehingga tujuan manajemen pemasaran berupa kepuasan konsumen dapat dicapai.

2324-02-ESD2236-PRAKTIKUM PERIKLANAN

Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication-Komunikasi Pemasaran Terpadu) dalam meningkatkan ekuitas merek, serta menyediakan penjelasan mengenai sebuah program IMC dari berbagai aspek, di antaranya: periklanan, promosi penjualan, pengemasan, strategi merek, komunikasi di tempat pembelian (point of purchase), public relations yang berorientasi pemasaran, menciptakan buzz dari mulut ke mulut, serta sponsor berorientasi acara dan sebab. Selain itu, mata kuliah ini menyatukan praktik komunikasi pemasaran dalam berbagai bentuk dengan riset beserta teorinya.


2324-02-ESD2237-PRAKTIKUM SALESMANSHIP

Salesmanship Merupakan suatu kemampuan yang sekaligus menunjukkan loyalitas penjual kualitas produk yang dijual atau peranan penjual dalam pendekatan kepada seseorang atau orang lain sehingga dapat membentuk suatu titik keputusan untuk menetapkan hak utama sebagai individu dalam menetapkan kesempatan milik atau minat. Kata salesman berasal dari dua kata sales dan man yang secara harfi ah berarti penjual yang berjenis kelamin laki-laki.

Salesmanship mempunyai fungsi untuk : Memotivasi pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli. Dapat mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan. Dapat meyakinkan atas manfaat kelebihan produk yang ditawarkan. Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu.

2324-02-ESD1205-Kewirausahaan

Mata kuliah kewirausahaan mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Mata kuliah tersebut juga merupakan implementasi dari berbagai teori yang diajarkan dalam kewirausahaan sehingga mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausahawan baru yang memiliki ide dan implementasi mengenai lapangan usaha baru yang dapat memajukan perekonomian pribadi, perusahaan, agama, dan negara.

2324-02-ESD2219-Praktikum Administrasi Material

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu mempraktekkan teknik pengaturan arsip perusahaan, khususnya arsip material dimulai sejak pengadaan barang sampai dengan penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaan aset serta barang – barang inventaris lainnya. Mata kuliah ini membantu mahasiswa  mampu memahami dasar-dasar pengetahuan dan sikap yang diperlukan tantang administrasi material agar dapat melakukan tugas-tugas sekretaris dengan baik, sehingga tercipta sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi.

2324-02-ESD2214-Administrasi Material

Mata kuliah ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa fakultas ekonomi, khususyna mahasiswa konsentrasi kesekretarisan. Mata kuliah ini mempelajari serta mengenalkan pengolahan serta pengaturan arsip perusahaan, khususnya arsip material dimulai sejak pengadaan barang sampai dengan penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaan aset serta barang – barang inventaris lainnya.serta mempelajari material – material yang berhubungan dengan aset – aset suatu perusahaan baik dari segi pemerintahan maupun non pemerintahan (swasta).