2425-02-ESD2233-Bisnis Eceran
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsepkonsep manajemen ritel. Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis dengan baik. Dalam keseluruhan pembelajaran matakuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep, fungsi, definisi, tipe, pentingnya, dan tren dalam manajemen ritel. Mahasiswa menganalisis perilaku konsumen retail, faktor-faktor yang mempengaruhi, proses dan tipe-tipe pengambilan keputusan konsumen retail. Kemampuan untuk melakukan segmentasi dan mendesain strategi pasar untuk bisnis retail akan diperkuat secara serius. Selain kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk menentukan lokasi bisnis ritel, pengelolaan aneka merchandise, harga barang, dan komunikasi pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan, mahasiswa dibantu untuk menguasai keterampilan mengelola jasa dan hubungan dengan pelanggan dalam bisnis ritel, menerapkan strategi keuangan bisnis ritel, dan mengelola menajemen sumber daya manusia dalam binis retail.
2425-02-ESD2211 MANAJEMEN PERKANTORAN
2425-02-ESD2211 MANAJEMEN PERKANTORAN
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan merinci serta menerapkan konsep dan teori Manajemen Perkantoran sehingga mahasiswa memahami tentang cara pengelolaan kantor, mendesain tata ruang kantor dengan baik, mengelola data menjadi suatu informasi yang berguna bagi pimpinannya. Mata kuliah ini meliputi konsep dan teori manajemen perkantoran tentang peran manajemen perkantoran dalam menyelenggarakan pelayanan, cara pengelolaan kantor, mendesain tata ruang kantor dengan baik, mengelola data menjadi suatu informasi
2425-02-EMS04715 PRAKTEK ADMINISTRASI PERKANTORAN
2425-02-EMS04715 PRAKTEK ADMINISTRASI PERKANTORAN
2425-02-ESD3007 TEKNIK PENULISAN LAPORAN
Mata kuliah ini mencakup tentang hakekat dan karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah dan teknik menyusun karya ilmiah, serta menyajikan karya ilmiah baik secara tertulis maupun secara lisan yang efektif. Mata Penulisan Karya Ilmiah bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah. Materi pembelajaran meliputi ragam bahasa Indonesia, kalimat baku bahasa Indonesia, pengembangan paragraf, ejaan dan tata tulis, dan praktik menyusun karya ilmiah.
2425-02-ESD2224 AKUNTANSI BIAYA
Mata Kuliah Akuntansi Biaya ini akan membahas tentang konsep, pemanfaatan, dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Membahas metode pengumpulan biaya produksi bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik untuk menentukan harga pokok pesanan dan metode harga pokok proses. Mata kuliah ini juga berusaha menghubungkan dengan matakuliah lain seperti Dasar-dasar Akuntansi, Manajemen Biaya, dan Akuntansi Manajemen
2425-02-ESD2223 AKUNTANSI MANAJEMEN
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi terkait akuntansi biaya, pembebanan produk, perencanaan dan pengendalian manajemen serta pengambilan keputusan manajerial
2425-02-ESD2219 PRAKTIKUM ADMINISTRASI MATERIAL
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempraktekkan teknik pengaturan arsip perusahaan khususnya arsip material sejak pengadaan barang sampai penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaan aset serta barang- barang inventaris lainnya
2425-02-ESD2214 ADMINISTRASI MATERIAL
Mata kuliah ini mempelajari pengolahan serta pengaturan arsip perusahaan, serta arsip material dimulai sejak pengadaan barang sampai dengan penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaan aset serta barang- barang inventaris lainnya
2425-02-ESD2229 PRAKTIKUM ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Mata kuliah ini membahas mengenai praktik analisis laporan keuangan perusahaan yang meliputi: common size analysis, comparative analysis, analisis likuiditas, aktivitas, profitabilitas, solvabilitas, analisis pasar, dan analisis aliran kas.
2425-02-ESD2222 ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Mata Kuliah ini bertujuan untuk membahas analisa- analisa terhadap laporan keuangan dan proses menginterpretasikan hasil analisa laporan keuangan suatu perusahaan
2425-02-ESD3011 ETIKA DAN KEPRIBADIAN
Matakuliah ini menjelaskan tentang karakter manusia Indonesia, filosofi etika, etiket dan kepribadian, pengembangan diri, komunikasi yang efektif. Perkuliahan etika ini diharapkan dapat menumbuhkan spiritual mahasiswa. Untuk itu, materinya meliputi etika hidup seorang manusia terhadap dirinya, sesamanya, lingkungannya, dan penciptanya.Rinciannya meliputi pengertian, sumber-sumber, dan tujuan etika; hubungan etika dengan tatakrama; kewajiban manusia terhadap dirinya sendiri, terhadap ibu bapak dan keluarga, dan terhadap penciptanya; sifat-sifat terpuji dan tercela; manusia bergerak ke arah Kesempurnaan;watak manusia yang suci dan tak berdosa; kebebasan dan kendali; kebutuhan spiritual manusia; serta kriteria nilai moral tindakan.
2425-02-ESD2234-RENCANA PEMASARAN
RENCANA PEMASARAN 2425-02-ESD2234
Mata Kuliah ini membahas strategi dan rencana pemasaran, mengumpulkan informasi dan memindai lingkungan serta melaksanakan riset pemasaran dan meramalkan permintaan, menciptakan nilai, kepuasan dan loyalitas pelanggan, menganalisis pasar konsumen, mengidentifikasi segmen dan taget pasar. Menciptakan ekuitas merek, membentuk positining merk,serta menghadapi persaingan. Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas tentang dasar dasar manajemen pemasaran serta hal hal yang tercakup dalam manajemen pemasaran.
2425-02-ESD2237-PRAKTIKUM SALESMANSHIP
Setelah mengikuti Mata Kuliah ini, mahasiswa dapat: 1. Mengetahui nilai- nilai dan kemampuan seseorang wirausaha yang diwujudkan dalam berkreasi dan berinovasi yang harus bersifat fleksibel sesuai dengan perkembangan dunia usaha. 2. Memahami pengatahuan tentang masalah- masalah praktis dan isu- isu kritis dalam kisah- kisah wirausaha sukses sebagai contoh nyata untuk melihat bagaimana memasuki dan membangun bisnis yang efektif. 3. Memahami pengetahuan dalam merumuskan tujuan hidup dalam bentuk usaha yang akan ditekuni. 4. Memahami pengetahuan dasar tentang metoda dalam pencarian sumber- sumber ide sebagai variabel awal untuk menangkap peluang.
2425-02-ESD2239-PRATIKUM PROSEDUR EKSPOR IMPORT
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui perdagangan secara umum dan internasional, mampu mengerjakan dan mengurus semua dokumentasi yang diperlukan untuk semua kegiatan ekspor import dari negara satu ke negara lain. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di berbagai bidang, membuka wawasan perdagangan yang tiada batas di dalam negeri maupun hubungan dengan luar negeri. Menumbuhkan kepercayaan diri untuk menghandel pengurusan proses pembuatan dokumen export import maupun lalu lintas barangnya.
2425-02-ESD2226-Praktikum Manajemen Modal Kerja
Praktikum Manajemen Modal Kerja adalah Mata kuliah yang bertujuan agar mahasiswa mampu mempraktekkan cara menghitung modal kerja perusahaan dan mampu membedakan antara modal sendiri dan modal asing. Satu diantara manajemen modal kerja yang perlu mendapat perhatian yang lebih penting adalah manajemen piutang pada perusahaan yang umumnya mempunyai piutang dagang karena melakukan penjualan barang dagangannya secara kredit. Semakin besar proporsi dan jumlah penjualan kredit, maka semakin besar pula piutang dagang yang dimiliki oleh perusahaan.
2425-02-ESD2215-PRAKTIKUM KESEKRETARISAN
Mata kuliah ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa fakultas ekonomi, khususnya mahasiswa konsentrasi kesekretarisan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami tugas-tugas bidang kesekretariatan serta menguasai tugas-tugas seorang sekretaris dan dapat mempraktikkannya. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mampu memahami dasar-dasar pengetahuan dan sikap yang diperlukan bagi jabatan sekretaris agar dapat melakukan tugas-tugas sekretaris dengan baik, sehingga tercipta sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam bidang sekretaris.
2425-02-ESD2214- ADMINITRASI MATERIAL
Mata kuliah ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa fakultas ekonomi, khususynamahasiswa konsentrasi kesekretarisan. Mata kuliah ini mempelajari serta mengenalkanpengolahan serta pengaturan arsip perusahaan, khususnya arsip material dimulai sejakpengadaan barang sampai dengan penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaanasetserta barang – barang inventaris lainnya.serta mempelajari material – material yangberhubungan dengan aset – aset suatu perusahaan baik dari segi pemerintahan maupunnonpemerintahan (swasta).Mata kuliah ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa fakultas ekonomi, khususynamahasiswa konsentrasi kesekretarisan. Mata kuliah ini mempelajari serta mengenalkanpengolahan serta pengaturan arsip perusahaan, khususnya arsip material dimulai sejakpengadaan barang sampai dengan penjualan hasil produksi perusahaan, keberadaanasetserta barang – barang inventaris lainnya.serta mempelajari material – material yangberhubungan dengan aset – aset suatu perusahaan baik dari segi pemerintahan maupunnonpemerintahan (swasta).
2425-02-ESD2236-PRAKTIKUM PERIKLANAN
PRAKTIKUM PERIKLANAN-2425-02-ESD2236
Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication-Komunikasi Pemasaran Terpadu) dalam meningkatkan ekuitas merek, serta menyediakanpenjelasan mengenai sebuah program IMC dari berbagai aspek, di antaranya: periklanan, promosi penjualan, pengemasan, strategi merek, komunikasi di tempat pembelian(point ofpurchase), public relations yang berorientasi pemasaran, menciptakan buzz dari mulut kemulut, serta sponsor berorientasi acara dan sebab. Selain itu, mata kuliah ini menyatukanpraktik komunikasi pemasaran dalam berbagai bentuk dengan riset beserta teorinya.2425-02-ESD2217-PRAKTIKUM HUBUNGAN MASYARAKAT
Mata Kuliah Praktikum Humas merupakan mata kuliah praktik mahasiswa yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Praktikum humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.
2425-02-ESD2212-HUBUNGAN MASYARAKAT
Mata kuliah hubungan masyarakat adalah mata kuliah yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Fungsi humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.
2425-02-ESD2231-PEMASARAN DIGITAL
Mata kuliah ini membahas tentang konsep pemasaran digital melalui perspektif bisnis dengan penjelasan ilmiah yang
implementatif, sekaligus melibatkan aspek sosial yang mempengaruhi dan menjadi dampak pada perkembangannya. Secara
garis besar konsep pemasaran digital yang akan dipelajari adalah yang berkaitan dengan era 4.0, mengingat transformasi era
digital yang secara masif telah berkembang. Sehingga, mata kuliah ini diharapkan dapat menuntun mahasiswa dalam
mengimplementasikan prinsip-prinsip dari pemasaran digital 4.0 dalam bentuk promosi, iklan, dan sebagainya secara kreatif.
2425-02-ESD1205-KEWIRAUSAHAAN
Mata
kuliah ini meliputi teori dan konsep tentang Pengertian, Fungsi, dan Hakikat
Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Pengenalan Potensi Kewirausahaan,
Faktor- Faktor Pendorong Kewirausahaan, Perencanaan Usaha dan Praktik
Kewirausahaan, Bentuk- Bentuk Wirausaha, Manajemen dan Pemasaran, Kiat-Kiat
Keberhasilan Berwirausaha, Kemitraan Dalam Berwirausaha, Modal Usaha dan
Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa
dasar-dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha bukan berarti bahwa
mahasiswa harus mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa dapat
disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja di bidang sosial (sociopreneur) atapun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga
memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk membuat business plan (perencanaan bisnis).
2425-02-ESD2238-PRAKTIKUM BISNIS ECERAN
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsepkonsep manajemen ritel. Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis dengan baik. Dalam keseluruhan pembelajaran matakuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep, fungsi, definisi, tipe, pentingnya, dan tren dalam manajemen ritel. Mahasiswa menganalisis perilaku konsumen retail, faktor-faktor yang mempengaruhi, proses dan tipe-tipe pengambilan keputusan konsumen retail. Kemampuan untuk melakukan segmentasi dan mendesain strategi pasar untuk bisnis retail akan diperkuat secara serius. Selain kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk menentukan lokasi bisnis ritel, pengelolaan aneka merchandise, harga barang, dan komunikasi pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan, mahasiswa dibantu untuk menguasai keterampilan mengelola jasa dan hubungan dengan pelanggan dalam bisnis ritel, menerapkan strategi keuangan bisnis ritel, dan mengelola menajemen sumber daya manusia dalam binis retail.
2425-02-ESD2233-BISNIS ECERAN
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsepkonsep manajemen ritel. Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis dengan baik. Dalam keseluruhan pembelajaran matakuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep, fungsi, definisi, tipe, pentingnya, dan tren dalam manajemen ritel. Mahasiswa menganalisis perilaku konsumen retail, faktor-faktor yang mempengaruhi, proses dan tipe-tipe pengambilan keputusan konsumen retail. Kemampuan untuk melakukan segmentasi dan mendesain strategi pasar untuk bisnis retail akan diperkuat secara serius. Selain kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk menentukan lokasi bisnis ritel, pengelolaan aneka merchandise, harga barang, dan komunikasi pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan, mahasiswa dibantu untuk menguasai keterampilan mengelola jasa dan hubungan dengan pelanggan dalam bisnis ritel, menerapkan strategi keuangan bisnis ritel, dan mengelola menajemen sumber daya manusia dalam binis retail.