20251 - EIM3076 - Branding

Mata kuliah Brand Management bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan konsep serta praktik manajemen merek secara komprehensif. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami latar belakang dan dasar pemikiran brand management, hubungan antara pengertian brand dan management, serta perkembangan dan implementasi paradigma brand management dalam mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan organisasi. Secara khusus, mahasiswa diharapkan dapat memahami dasar, maksud, tujuan, ruang lingkup, serta metodologi pengkajian brand management; menganalisis latar belakang dan pemikiran yang memengaruhi lahirnya konsep tersebut; menjelaskan kausalitas dan faktor-faktor yang memengaruhinya; memahami karakteristik, pola dasar, dan program brand management; serta menguasai pengertian pokok dan interaksi antara brand dan brand management. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan pemahaman tersebut melalui contoh nyata di perusahaan, mengidentifikasi dan mengamalkan nilai-nilai serta faktor utama yang menjadi landasan brand management, menganalisis dan mengapresiasi perkembangan serta peran penting brand dalam dunia bisnis, merumuskan tantangan dan solusi yang dihadapi oleh brand di masa depan, serta mengembangkan paradigma pendidikan brand management yang mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan mata kuliah ini.


2526-01-Operasi Bisnis Internasional

Operasi Bisnis Intemasional menjclaskan, membahas. dan memberikan contoh kasus tentang Perspektif Global dan Bisnis lnternasional. Lingkungan Bisnis Intemasional, Teori-teori Perdagangan Intemasional dan Investasi, Perumusan Kebijakan Perdagangan Nasional, Manajemen Strategik Internasional, Analisis Peluang Bisnis Intemasional, Metode memilih dan mengelola I\4asuk Pasar Asing, Disain Struktur Organisasi dalam Bisnis Intemasional- Sumber Daya Manusia Internasional dan Hubungan Kerja, Mengelola perilaku dan Hubungarr antar Personal, Manjemen Pemasaran Intemasional, Manajemen Operasi Intemasional, Manajemen Keuangan Intemasional, dan Pengendalian Bisnis Intemasional.

2526-01-EKO006119-PENGANTAR MANAJEMEN

Kegiatan manajemen tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan setiap haripun, setiap manusia melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Lingkungan bisnis selalu berkembang pesat menuntut selalu setiap orang-orang didalam organisasi perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan. Seorang manajer selalu peka terhadap peluang bisnis serta perubahan-perubahan yang terjadi disekitarnya. Ilmu manajemen adalah ilmu yang mempelajari bagaimana seseorang dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dengan pengelolaan sumber-sumber daya yang baik. Pengantar Manajemen berperan dalam proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen serta identifikasi masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang merupakan dasar penyusunan strategi dan taktik organisasi perusahaan. Mata kuliah Pengantar Manajemen berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan.

2526-01-EIM3062-SERVICE EXCELLENT

Matakuliah Service Excellent/ Pelayanan Prima memberikan pemahaman dan wawasan ilmu pengetahuan tentang service excellent yang mencakup (Pengertian, tujuan, manfaat, ruang lingkup pelayanan prima, prinsip-prinsip pelayanan Prima, Pradigma pelayanan dan pengukuran pelayanan prima, sikap dalam pelayanan prima, standar mutu pelayanan prima, jenis dan karakteristik pelanggan, masalahmasalah pelayanan prima). Mata kuliah ini akan menstimulus kepedulian mahasiswa terhadap pelanggan/klient dengan berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, berdasarkan standar dan prosedur pelayanan untuk mewujudkan kepercayaan pelanggan agar mereka selalu puas, sehingga mewujudkan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi.

2526-01-EIM3083-HUBUNGAN PERBURUHAN DAN INDUSTRIAL

Mata kuliah merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen SDM. Mata kuliah hubungan perburuhan dan industrial memfokuskan pembahasan manusia sebagai suatu kelompok yang menyangkut hubungan antar pekerja dengan pengusaha, serta keterkaitannya dengan masalah ekonomi, sosial, politik dan budaya dengan pihak pemerintah sebagai bagian dari hubungan industrial. Mata kuliah ini membahas hubungan yang terjadi antara perusahaan, termasuk bagaimana penyelesaian perselisihan yang serikat pekerja dan pemerintah jadi di antara pihak manajemen dan pihak pekerja.

2526-01-EIM3071-SEMINAR MANAJEMEN SDM

Mata kuliah ini bertujuan memahami konsep-konsep Manajemen SDM melalui artikel-artikel empiris agar mahasiswa lebih mendalami topik bahasan mata kuliah terkait sebelumnya khususnya mata kuliah Manajemen SDM. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan membuat rencana proposal penelitian yang mengangkat permasalahan yang berkaitan dengan topik atau isu terkini yang ada dan terjadi dalam bidang Manajemen SDM

2526-01-EIM3053-PERENCANAAN SDM DAN ANALISIS JABATAN

Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik awal dalam fungsi pertama sumber daya manusia, fungsi penyediaan staf. Praktik perencanaan sumber daya manusia menjelaskan ramalan tuntutan sumber daya manusia, ramalan ketersediaan sumber daya manusia, basis data sumber daya manusia, ramalan kekurangan karyawan, ramalan surplus karyawan, perampingan, outplacement, suksesi, dan sistem informasi sumber daya manusia. Praktik analisis jabatan menjelaskan metode analisis pekerjaan, proses menganalisis jabatan, dan deskripsi pekerjaan.

2526-01-EIM3040-MANAJEMEN MODAL KERJA

Mata Kuliah Manajemen Modal Kerja merupakan mata kuliah yang membahas tentang pengelolaan (manajemen) Aktiva Lancar

(current asset) dan kewajiban jangka pendek (short term liabilities) baik secara individual maupun keseluruhan (aggregate).

Secara lebih khusus, pembahasan lebih banyak diarahkan kepada pengelolaan kas (cash) dan surat berharga, kredit (credits),

piutang (receivables), persediaan (inventories) dan sumber-sumber dana jangka pendek (short-term source of funds).

2526-01-EIM3069-SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN

Mata kuliah ini pada berisi proposal yang dibuat secara perorangan dengan mengangkat atau menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan topik-

topik atau isu terkini yang ada dan terjadi dalam bidang Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini memberikan penilaian atas penguasaan mahasiswa tentang mata kuliah prasyarat, seperti Manajemen Investasi Portofolio, Manajemen Modal Kerja dan Manajemen Keuangan Internasional dalam bentuk Proposal

Skripsi. Proposal ini akan di ujikan pada mata kuliah ini bersama dengan Pembimbing Skripsi yang telah ditentukan oleh Program Studi (PRODI). Adapun

prasyarat untuk mata kuliah ini adalah Sudah Lulus 3 (tiga) MK Wajib Konsentrasi Peminatan; Lulus Minimum 125 sks; Metodologi Penelitian Bisnis min

B; Menyiapkan Proposal Penelitian untuk Penilaian; dan Kehadiran dalam Seminar Konsentrasi Peminatan adalah 85% dari 16 kali pertemuan.

2526-01-EIM3042-KOMPENSASI

Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana cara menghitung pemberian kompensasi yang adil dan layak bagi karyawan. Kompensasi merupakan salah faktor dalam mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia suatu organisasi. Fungsi kompensasi memberikan imbalan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang mereka keluarkan. Dengan mempelajari mata kuliah kompensasi diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan konsep pemberian kompensasi yang adil dan layak kepada karyawan dan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam menyusun kompensasi karyawan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap praktek-praktek sumberdaya manusia khususnya sistem kompensasi serta mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia melalui sistem kompensasi.

2526-01-EIM2126-MANAJEMEN OPERASI

Memperkenalkan konsep, metode dan teknik yang inheren dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam sistem operasi barang dan jasa serta memutuskan dan mengatur pelaksanaan kegiatan operasi barang dan jasa, Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi proses perencanaan dan pengendalian operasional yang berhubungan dengan operasi barang dan jasa dan menyangkul pengembangan barang dan jasa dan prosesnya, manajemen kualitas barang dan jasa dan sistem informasinya.

2526-01-EIM3051-MANAJEMEN INVESTASI DAN PORTOFOLIO

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang manajemen investasi dan portofolio. Pada prinsipnya investasi dapat dilakukan pada riil assets dan financial assets, namun pembahasan pada mata  kuliah ini fokus pada financial asset, yang diantaranya adalah saham (stock), obligasi (bonds), surat berharga derivative (financial derivative), dan future contract. Manajemen investasi pada financial assets lebih melihat pada analisis trade-off antara hasil (return) dan resiko (Risk). Sebelum keputusan investasi tersebut dilakukan, analisis tersebut jelas membutuhkan teori-teori alokasi asset dan diversifikasi yang efektif dan efisien. Dalam rangka mengaplikasikan teori-teori manajemen investasi dan portofolio dalam dunia nyata, maka analisis terhadap studi kasus, penelitian empirik serta melakukan simulasi dengan menggunakan data-data dari Bursa Efek Indonesia maupun Bursa Efek lainnya di dunia juga merupakan bagian dari proses pembelajaran mata kuliah ini.


2526-01-EIM3167-PERILAKU KEORGANISASIAN

Perilaku Keorganisasian menjelaskan hal – hal yang menyangkut dengan konsep dasar berupa perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku organisasi. Perilaku individu dalam organisasi, nilai sikap dan kepuasan kerja, kepribadian dan emosi, konsep motivasi, pembahasan kasus – kasus perusahaan dan organisasi, dasar – dasar perilaku kelompok, teori dan implementasi tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi desain dan struktur organisasi, serta perubahan dan pengembangan organisasi.

2526-01-EIM2021-MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini meliputi teori dan konsep tentang Pengertian, Fungsi, dan Hakikat Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Pengenalan

Potensi Kewirausahaan, Faktor- Faktor Pendorong Kewirausahaan, Perencanaan Usaha dan Praktik Kewirausahaan, Bentuk- Bentuk Wirausaha,

Manajemen dan Pemasaran, Kiat-Kiat Keberhasilan Berwirausaha, Kemitraan Dalam Berwirausaha, Modal Usaha dan Manajemen Keuangan. Mata

kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa dasar-dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha bukan berarti bahwa mahasiswa harus

mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa dapat disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja

di bidang sosial (sociopreneur) atapun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa

untuk membuat business plan (perencanaan bisnis).

2526-01-EIM2230-MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap perekonomian dunia yang kini telah mendominasi sekitar dua pertiganya. Pertumbuhan sektor jasa yang begitu cepat dipicu oleh adanya perubahan demografis, perubahan sosial, perubahan lingkungan ekonomi, perubahan bidang politik, hukum, dan globalisasi. Dinamika yang terjadi pada sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti perbankan, asuransi, penerbangan, telekomunikasi, retail, pariwisata, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara.

Selain itu juga terlihat juga maraknya organisasi nirlaba, seperti LSM, lembaga pemerintah, rumah sakit, universitas, dan lain-lain yang kini semakin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan/konsumen. Implikasi penting dari fenomena ini adalah makin tingginya tingkat persaingan, sehingga diperlukan Manajemen Pemasaran Jasa yang distinctive dibanding pemasaran tradisional (barang) yang telah dikenal selama ini.



2526-01-EIM3041-PERILAKU KONSUMEN

Mata kuliah ini membahas masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori prilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategi pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Mata kuliah ini juga membahas mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk memahami perilaku konsumen yang akan menjadi referensi kebijakan penentuan harga, pola distribusi, desain produk dan desain promosi. Dalam mata kuliah ini juga akan diperkenalkan teori-teori dasar dan temuan tentang tingkah laku konsumen.

2526-01-EIM2019-MANAJEMEN PEMASARAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar (wajib). Mata Kuliah ini membahas tentang lingkungan pemasaran, mengelola informasi pemasaran, dinamika kompetisi dalam bidang pemasaran, pengembangan strategi pemasaran secara fungsional serta mengembangkan nilai nilai strategis yang memberikan nilai tambah bagi konsumen baik lokal maupun global secara terintegrasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup implementasi strategi pemasaran dalam upaya mencapai pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

2526-01-EIM1108-ETIKA DAN KEPRIBADIAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah perilaku dan berkarya di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya jenjang S1. Mata kuliah Etika dan Kepribadian adalah mata kuliah yang membantu mahasiswa untuk bagaimana mengenali diri sendiri dan kepribadian juga berperilaku yang baik, pembelajaran meliputi pengertian etika dan pengembangan pribadi, ukuran sikap yang baik dan buruk, komunikasi efektif dan bermakna, konsep kepribadian dengan cara mengenal diri, serta upaya untuk memiliki dan mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan sosial budaya Indonesia

2526-01-EIM3045-PEMASARAN INTERNASIONAL

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dan berkarya di Program Studi Manajemen jenjang S1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami dasar-dasar pemasaran internasional dalam rangka menghadapi pasar global. Dalam millenium baru ini impian pemasaran di masa  lalu telah menjadi kenyataan bahwa pasar global telah muncul. Setelah perang dunia kedua, terjadi  perluasan yang tiada taranya ke dalam pasar internasional oleh perusahaan-perusahaan yang sebelumnya hanya melayani pelanggan di negaranya sendiri. Saat ini telah terjadi “global village” suatu bentuk perdagangan bebas yang memungkinkan menghapuskan segala hambatan perdagangan dunia.


2526-01-EIM3080- MANAJEMEN KOPERASI

Manajemen Koperasi merupakan pengetahuan teoretis yang harus dipahami oleh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi tentang pengelolaan koperasi sebagai organisasi bisnis. Didalamnya dapat dijumpai cara-cara mengembangkan koperasi kajian manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan kewiraoperasian. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang konsep dasar Koperasi dan manajemen, Manajemen dalam Koperasi, rapat anggota, pengurus dan manajer dalam Koperasi, pengawas Koperasi, kinerja Koperasi dalam pasar, manajemen strategik Koperasi, manajemen strategik pelayanan kepada anggota Koperasi, manajemen strategik pemasaran Koperasi, manajemen strategik keuangan Koperasi, dan manajemen sumber daya manusia strategik dalam Koperasi.

2526-01-EIM3077-KOMUNIKASI BISNIS DAN NEGOSIASI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Manajemen jenjang S1. Komunikasi bisnis merupakan pengetahuan teoretis dan praktis yang harus dipahami oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk membekali diri agar sukses mencapai tujuan individu dan tujuan organisasi. Komunikasi bisnis dapat dilakukan secara verbal dan nonverbal. Seorang pebisnis harus memiliki keterampilan berkomunikasi: berbicara, menulis dan mendengar secara efektif dan efisien. Sejalan dengan perkembangan era global, maka tuntutan kemampuan berkomunikasi bisnis tidak hanya antar perusahaan di suatu negara tetapi juga komunikasi lintas budaya dan negara.

2526-01-EIM3161-MANAJEMEN RISIKO

Mata kuliah Manajemen Risiko membahas secara komprehensif konsep, prinsip, dan praktik dalam mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko yang dihadapi oleh organisasi atau individu. Fokus utama mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan analitis dan strategis dalam mengelola berbagai jenis risiko.