2425-02-EIM2021-MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini meliputi teori dan konsep tentang Pengertian, Fungsi, dan Hakikat Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Pengenalan Potensi Kewirausahaan, Faktor- Faktor Pendorong Kewirausahaan, Perencanaan Usaha dan Praktik Kewirausahaan, Bentuk- Bentuk Wirausaha, Manajemen dan Pemasaran, Kiat-Kiat Keberhasilan Berwirausaha, Kemitraan Dalam Berwirausaha, Modal Usaha dan Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa dasar-dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha bukan berarti bahwa mahasiswa harus mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa dapat disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja di bidang sosial (sociopreneur) atapun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk membuat business plan (perencanaan bisnis).


2425-02-EKM463319-Service Excellent

Mata kuliah ini menjelaskan tentang Service Excellent / Pelayanan Prima yang merupakan salah satu komponen penting yang harus dijalankan oleh semua perusahaan supaya tetap bertahan di tengah persaingan global saat ini. Service excellent hanya sebagian kecil dari sistem manajemen perusahaan yang kompleks, tetapi apabila dijalankan dengan pemahaman yang benar dan tujuan yang mulia maka akan memberikan sesuatu yang dahsyat untuk setiap perusahaan atau organisasi yang bergerak dalam bidang jasa/layanan publik. Pelayanan terbaik adalah bertitik tolak pada konsep kepedulian kepada pelanggan untuk menciptakan kepuasan dan kemenangan dalam persaingan. Pelayanan terbaik/prima berorientasi pada kepentingan dan kebutuhan para pelanggan sehingga memungkinkan memberikan kepuasaan yang optimal.

2425-02-EKM319219-Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah ini memberikan gambaran, Teknik dan aplikasi secara komprehensif mengenai manajemen pemasaran. Pemabahasan pada mata kuliah ini meliputi konsep dan strategi manajemen pemasaran, lingkungan pemasaran, perilaku pembelian konsumen, penetapan segementasi dan target pasar, perumusan strategi bauran pemasaran, saluran pemasaran, komunikasi pemasaran, manajemen hubungan pelanggan, pemasaran global, pemasaran digitaldan isu-isu pemasaran. Mata kuliah manajemen pemasaran ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berbagai strategi dan alat-alat pemasaran yang memberikan nilai tambah bagi konsumen baik lokal maupun global secara terintegrasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup implemetasi strategi pemasaran dalam upaya mencapai pertumbuhan jangka panjang perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan.


2425-02-EIM2225 PENGANGGARAN PERUSAHAAN

Mata Kuliah ini mempelajari penyusunan anggaran bagi perusahaan industri yang dimulai dari penyusunan anggaran penjualan sampai penyusunan anggaran kas. Pembahasan lebih ditekankan pada penyusunan anggaran komperhensif yang meliputi anggaran jangka panjang, anggaran tahunan, anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja dan anggaran overhead pabrik.

2425-02-EKM320219-MANAJEMEN SDM

Mata kuliah ini menjelaskan fungsi-fungsi sumber daya manusia di dalam organisasi secara mendasar dimana di dalamnya terdapat praktik-praktik sumber daya manusia. Setiap fungsi yaitu saling terkait dan berurutan satu sama lain mulai dari fungsi penyediaan staf, pengembangan sumber daya manusia, kompensasi, keselamatan dan kesehatan kerja serta hubungan kekaryawanan dan perburuhan. Dalam fungsi penyediaan staf terdapat praktik-praktik sumber daya manusia yang meliputi perencanaan sumber daya manusia, analisis pekerjaan, perekrutan dan seleksi.Selanjutnya dalam fungsi pengembangan sumber daya manusia meliputi pelatihan dan pengembangan, perencanaan dan pengembangan karir, manajemen dan penilaian kinerja.Selanjutnya dalam fungsi kompensasi meliputi kompensasi finansial langsung, dan kompensasi finansial tidak langsung.Selanjutnya dalam fungsi keselamatan dan kesehatan kerja terdapat lingkungan kerja yang aman dan sehat.Terakhir, dalam fungsi hubungan kekaryawanan dan perburuhan meliputi serikat pekerja dan perundingan bersama, hubungan kekaryawanan internal, globalisasi sumber daya manusia.

2425-02-EKM431219 Teknik Proyeksi Bisnis

Mata kuliah ini mempelajari pemanfaatan metode peramalan atau prakiraan bisnis dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan organisasi dengan memperhatikan faktor – faktor lingkungan ekonomi dan bisnis. Salah satu bidang yang banyak menerapkan peramalan atau proyeksi adalah dunia usaha. Peramalan atau proyeksi dapat membantu seseorang atau kelompok dalam pengambilan keputusan, baik itu bersifat strategis dan berpengaruh dalam jangka panjang, ataupun keputusan tersebut bersifat taktis dan berjangka pendek. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari teknik – teknik peramalan dalam bisnis seperti metode least square, exponential smoothing, moving average, serta metode – metode yang bersifat kualitatif.


2425-02-EKA008219 Akuntansi Manajerial

Mata kuliah ini membahas akumulasi biaya, pembebanan produk, perencanaan dan pengendalian manajemen serta pengambilan keputusan manajerial

2425-02-EIM3139-EKONOMI MANAJERIAL

Mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan analisis ekonomi mikro, ekonomi makro, statistika dan teori-teori pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah bisnis dan pengambilan keputusan manajerial juga memberikan pemahaman strategi penetapan harga pada berbagai struktur pasar. Mata kuliah Ekonomi Manajerial memberikan pemahaman aplikasi metode, teknik dan pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam operasi perusahaan dengan tujuan untuk menemukan pemecahan yang optimal.

2425-02-EIM2032-EKM432219 APLIKASI KOMPUTER BISNIS

2425-02-EIM2032-EKM432219 APLIKASI KOMPUTER BISNIS

Dalam mata kuliah ini ditekankan bagaimana mahasiswa dapat menggunakan aplikasi yang ada di dalam program Komputer untuk mempermudah dalam pekerjaan khususnya dalam pengetahuan tentang program aplikasi, penggunaan elektronik spreadsheet (excel) melalui rumus-rumus matematika dan statistik dalam pengaplikasian dalam dunia bisnis. Mata kuliah ini memiliki sasaran menciptakan calon manajer yang mampu mengaplikasikan computer atau memiliki ‘computer literacy’ dalam usahanya melakukan analisa secara kuantitatif dalam pengambilan keputusan manajerialnya. Dengan demikian sebagai pengambil keputusan bisnis dapat melakukan pengambilan keputusan dengan tingkat kecepatan dan keakuratan yang tinggi, sebagai salah satu syarat atas semakin cepatnya perubahan lingkungan dan kondisi bisnis yang ada.

2425-02-EIM3063-EKM464319 PENGEMBANGAN ORGANISASI

2425-02-EIM3063-EKM464319 PENGEMBANGAN ORGANISASI

Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik pengembangan organisasional yang mencakup nilai-nilai dalam pengembangan organisasional, teknik-teknik dan intervensi pengembangan organisasional, dan isu-isu kontemporer dalam perubahan organisasional terkait pengembangan organisasional. Materi mencakup antara lain: pendekatan untuk mengembangkan suatu collaborative organization, langkah-langkah yang diperlukan dalam penandatanganan (scouting, entry and contracting), berbicara dengan klien, pengumpul data, pengembangan kelompok yang berorientasi pada konsensus dan pengembangan hubungan kolegial.

2425-02-EIM3071-SEMINAR MANAJEMEN SDM

Mata kuliah ini bertujuan memahami konsep-konsep Manajemen SDM melalui artikel-artikel empiris agar mahasiswa lebih mendalami topik bahasan mata kuliah terkait sebelumnya khususnya mata kuliah Manajemen SDM. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan membuat rencana proposal penelitian yang mengangkat permasalahan yang berkaitan dengan topik atau isu terkini yang ada dan terjadi dalam bidang Manajemen SDM

2425-02-EIM3065 TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Mata kuliah ini memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai metode – metode pengambilan keputusan dalam bidang bisnis. Dalam dunia bisnis tugas manajer membuat keputusan yang terkait dengan masalah-masalah bisnis, dengan keputusan tersebut diharapkan perusahaan dapat mencapai tujuannya, seperti memperluas market share, meningkatkan laba, mengurangi biaya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja bisnis dalam situasi ekonomi yang sangat kompetitif. Teori Pengambilan Keputusan akan sangat membantu dalam analisis kuantitatif, apabila data bisnis tersedia, sehingga dapat dikaji factor-faktor apa penyebab dalam bisnis itu. Apabila permasalahan tentang bisnis telah diketahui, maka keputusan yang efektif dapat dilakukan.

2425-02-EIM1116-PENGANTAR HUKUM DALAM BISNIS

Mata kuliah ini dirancang untuk ketrampilan tentang aspek hukum dan konsep dasar dari norma-norma yang terkandung dalam berbagai aktivitas hukum bisnis di Indonesia. Dalam mata kuliah ini juga akan dijelaskan hubungan antara hukum perdata dengan hukum bisnis. Materi pembahasan meliputi mulai dari aspek kebendaan, perikatan, leasing, waralaba, perbankan, Haki dan arbitrase. Diharapkan dari materi yang diberikan dapat dijelaskan hubungan hukum yang timbul sebagai akibat dari suatu perbuatan hukum dalam bidang bisnis yang dengan sengaja diciptakan.Pada mata kuliah ini mahasiswa juga belajar tentang pengertian  hukum, sifat hukum, pembagian hukum, fungsi hukum di bidang perekonomian, dan ruang lingkup hukum bisnis.  

2425-02-EIM1114- STATISTIK TERAPAN UNTUK BISNIS

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk bisa menjelaskan konsep statistika dasar untuk memecahkan masalah bisnis dan manajemen, menjelaskan bagaimana mengumpulkan data dan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan parameter, mengidentifikasi dan menerapkan beberapa metoda statistika dasar untuk memecahkan masalah bisnis dan manajemen serta menganalisa hasil yang diperoleh menggunakan konsep statistika dasar, menerapkan perangkat lunak statistika untuk memecahkan berbagai macam masalah bisnis dan manajemen serta menganalisa hasilnya.

Ana Yanovi

Please open E-Learning access for learning

2425-02-EIM3167-PERILAKU KEORGANISASIAN

Perilaku Keorganisasian menjelaskan hal – hal yang menyangkut dengan konsep dasar berupa perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku organisasi. Perilaku individu dalam organisasi, nilai sikap dan kepuasan kerja, kepribadian dan emosi, konsep motivasi, pembahasan kasus – kasus perusahaan dan organisasi, dasar – dasar perilaku kelompok, teori dan implementasi tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi desain dan struktur organisasi, serta perubahan dan pengembangan organisasi.

2425-02-EIM3053-PERENCANAAN SDM DAN ANALISIS JABATAN

Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik awal dalam fungsi pertama sumber daya manusia, fungsi penyediaan staf. Praktik perencanaan surnber daya manusia menjelaskan ramalan tuntutan sumber daya manusia. ramalan ketersediaan sumber daya manusia" basis data sumber daya manusi4 ramalan kekurangan karyawan, ramalan surplus karyawan, perampingan, oulplacemenl, suksesi, dan sistem informasi sumber daya manusia. Praktik analisis jabatan menjelaskan metode analisis pekerjaan, proses menganalisis jabatan, dan deskipsi pekerjaan.

2425-02-EIM3042-KOMPENSASI

Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana cara menghitung pemberian kompensasi yang adil dan layak bagi karyawan. Dengan mempelajari mata kuliah kompensasi diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan konsep pemberian kompensasi yang adil dan layak kepada karyawan dan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam menyusun kompensasi karyawan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap praktek -praktek sumber daya manusia kiususnya sistem kompensasi serta mengembangkan dan rnempertahankan sumber daya manusia melalui sistem kompensasi.