2024-02-EKO11815-STATISTIK EKONOMI
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib fakultas. Materi yang dibahas pada mata kuliah ini mencakup arti dan kegunaan data, pengumpulan dan penyajian data, distribusi frekuensi, pengukuran nilai sentral, variasi atau dispersi, analisis korelasi dan regresi, analisis data berkala, indeks musiman dan gerakan siklis, angka indeks, dan probabilita.
Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menggunakan ilmu statistik dalam membantu pengambilan keputusan di bidang ekonomi.
222302-EKM344319-KREATIVITAS DAN INOVASI
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman pentingnya kreativitas dan inovasi dibidang kewirausahaan. Di mana kreativitas dan inovasi merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mendorong cara berpikir yang terbuka dan mampu menciptakan serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang diaplikasikan pada dunia kewirausahaan. Pemikiran yang kreatif dan inovatif perlu di turunkan dalam bentuk yang applicable agar secara konkrit dapat memberikan solusi pada permasalahan yang dihadapi dalam berwirausaha.
2324-02-EIM3056-MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL
Mata
Kuliah ini mempelajari tentang Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Internasional
meliputi arus dana internasional, komponen nilai tukar, perilaku nilai tukar,
translasi eksposur, hingga penanganan krisis internasional. Mahasiswa
diharapkan mampu menganalisis permasalahan seputar keuangan internasional baik
di lingkup negara ataupun permasalahan bagi perusahaan multinasional.
Lingkungan keuangan internasional, manajemen valas dan bursa vala, manajemen
resiko valas dengan rekayasa finansial. Mata kuliah ini juga merupakan
manajemen investasi internasional, internasional capital budgeting dan foreign
direct investment, internasional cost of capital dan foreign investment,
keuangan perdagangan internasional dan country risk, sumber dan metode
pembiayaan internasional, sistem pembayaran internasional.
2324-02-EIM3167-PERILAKU KEORGANISASIAN
Perilaku Keorganisasian menjelaskan hal - hal yang menyangkut dengan konsep dasar kajian perilaku keorganisasian, perilaku individu dalam organisasi, nilai sikap dan kepuasan kerja, kepribadian dan emosi, konsep motivasi, pembahasan kasus - kasus perusahaan dan organisasi, dasar - dasar perilaku kelompok, teori dan implementasi tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi, desain dan struktur organisasi, serta perubahan dan pengembangan organisasi.
2324-02-EKM354319-PERENCANAAN SDM DAN ANALISA JABATAN
Mata kuliah ini membahas
bagaimana pengelolaan persediaan yang meminimalkan biaya persediaan, Analisis
jabatan merupakan studi tentang jabatan yang akan menghasilkan deskripsi
jabatan dan spesifikasi jabatan. Analisis jabatan ini bersama-sama dengan perencanaan
SDM akan menjadi dasar program rekrutmen dan seleksi
232402-EKM359319-EIM3058 PENGEMBANGAN SDM & PENILAIAN PRESTASI KERJA
Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik sumber daya manusia dalam fungsi kedua
sumber daya manusia, fungsi pengembangan sumber daya manusia. Praktik
pengembangan sumber daya manusia menjelaskan pelatihan dan pengembangan strategis, faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan dan pengembangan, proses pelatihan dan
pengembangan, kebutuhan-kebutuhan spesifik pelatihan dan pengembangan, tujuantujuan spesifik pelatihan dan pengembangan, metode-metode pelatihan dan
pengembangan, sistem penyampaian pelatihan dan pengembangan. Praktik penilaian
kinerja menjelaskan penggunaan penilaian kinerja, faktor-faktor lingkungan penilai
kinerja, proses penilaian kinerja, menetapkan kriteria standar kinerja, tanggung jawab
penilaian, periode penilaian, metode-metode penilaian kinerja, masalah-masalah dalam
penilaian kinerja, dan penilaian kinerja efektif.
2324-02-EKM341319-EIM3040-Manajemen Modal Kerja
Mata kuliah Manajemen Modal Kerja merupakan mata kuliah yang membahas tentang pengelolaan (manajemen) Aktiva Lancar (Current Asset) dan Kewajiban Jangka Pendek (Current Liabilities) baik secara parsial maupun keseluruhan. Secara lebih khusus, pembahasan lebih banyak diarahkan kepada pengelolaan kas (cash), kredit (credits), piutang (receivables), persediaan (inventories), dan sumber-sumber pendanaan jangka pendek (short term debt) yang efektif dan efisien.
2324-02-EKM352319-EIM3051-Manajemen Investasi dan Portofolio
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang manajemen investasi. Pada prinsipnya investasi dapat dilakukan pada riil asset dan financial asset, namun pembahasan pada mata kuliah ini fokus pada financial assets, diantaranya investasi saham (stock), obligasi (bond), surat berharga derivatif lainnya seperti future contract. Manajemen Investasi pada financial assets lebih melihat pada analisis trade off antara imbal hasil (return) dan risiko (risk) . Sebelum keputusan investasi dilakukan, maka beberapa konsep dan teori alokasi aset serta konsep diversifikasi yang efisien juga akan dibahas dalam mata kuliah ini.
2324-02-EIM1116-PENGANTAR HUKUM DALAM BISNIS
Mata kuliah ini dirancang untuk ketrampilan tentang aspek hukum dan konsep dasar dari norma-norma yang terkandung dalam berbagai aktivitas hukum bisnis di Indonesia. Dalam mata kuliah ini juga akan dijelaskan hubungan antara hukum perdata dengan hukum bisnis. Materi pembahasan meliputi mulai dari aspek kebendaan, perikatan, leasing, waralaba, perbankan, Haki dan arbitrase. Diharapkan dari materi yang diberikan dapat dijelaskan hubungan hukum yang timbul sebagai akibat dari suatu perbuatan hukum dalam bidang bisnis yang dengan sengaja diciptakan.Pada mata kuliah ini mahasiswa juga belajar tentang pengertian hukum, sifat hukum, pembagian hukum, fungsi hukum di bidang perekonomian, dan ruang lingkup hukum bisnis.
2324-02-EKA008219- Akuntansi Manajemen
Mata kuliah ini mempelajari tentang fungsi pokok dalam organisasi: perencanaan, aktivitas pengendalian dan membuat keputusan. Melalui mata kuliah ini menunjukkan informasi yang dibutuhkan dari mana informasi tersebut diperoleh dan bagaimana informasi ini dapat digunakan oleh manajer untuk melaksanakan tanggung jawabnya, dalam hal perencanaan, pengendalian dan pembuat keputusan.
2324-02-EKM351319- Studi Kelayakan Bisnis
Mata kuliah ini mempelajari tentang penilaian kelayakan suatu proyek dalam organisasi bisnis. Pembahasan difokuskan pada analisis suatu proyek dilihat dari berbagai aspek: aspek keuangan, manajemen, pasar, teknis, ekonomi, sosial, analisis dampak lingkungan dan hukum.
2324-02- EIM2225- Penganggaran Perusahaan
Mata Kuliah ini mempelajari penyusunan anggaran bagi perusahaan industri yang dimulai dari penyusunan anggaran penjualan sampai penyusunan anggaran kas. Pembahasan lebih ditekankan pada penyusunan anggaran komperhensif yang meliputi anggaran jangka panjang, anggaran tahunan, anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja dan anggaran overhead pabrik.
2324-02-EKM339319-EKONOMI MANAJERIAL
Mata Kuliah Ekonomi Manajerial merupakan mata kuliah yang mengarahkan mahasiswa untuk mengenali dan memahami kondisi ekonomi dan bagaimana kebijakan manajemen perusahaan perlu dijalankan sesuai dengan kondisi perekonomi yang sedang dihadapi perusahaan maupun dunia usaha.
232402-EIM1117-EKO002219 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER BISNIS
232402-EIM1117-EKO002219 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER BISNIS
Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar komputer khususnya program aplikasi komputer
dan penggunaan software MS Office untuk mengolah kata dan data ekonomi. Kuliah ini memberikan praktek penerapan dalam bisnis menggunakan aplikasi
komputer.
23242-EKM464319-EIM3063 PENGEMBANGAN ORGANISASI
23242-EKM464319-EIM3063 PENGEMBANGAN ORGANISASI
Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik pengembangan organisasional yang
mencakup nilai-nilai dalam pengembangan organisasional, teknik-teknik dan intervensi
pengembangan organisasional, dan isu-isu kontemporer dalam perubahan organisasional
terkait pengembangan organisasional.
232402-EKM480319-EIM3077 MANAJEMEN STRATEGIK
232402-EKM480319-EIM3077 MANAJEMEN STRATEGIK
Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen stratejik melalui langkah analisis lingkungan internal dan eksternal, penyusunan visi, misi dan tujuan, pemilihan strategik generik, strategi corporate, strategi fungsional, staffing, dan penyusunan desain organisasi serta pengukuran kinerja bisnis perusahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai manajemen strategik, meningkatkan pengetahuan tentang kerangka konseptual/teori manajemen strategik sehingga mampu melakukan mampu memahami, merumuskan dan menganalis masalahan bisnis baik tingkat fungsional, bisnis maupun korporasi.
2024-02-EIM1114-Statistik Terapan Untuk Bisnis
Mata
kuliah ini membahas tentang arti penting statistik, metode mengumpulkan dan
menyajikan data, angka indeks, peramalan menggunakan analisis deret waktu,
korelasi dan regresi. Kemampuan statistik adalah menyajikan dan menganalisis
data menjadi informasi yang efektif guna menarik kesimpulan serta pengambilan
keputusan. Mata kuliah ini menguasai konsep teoritis, metode, dan perangkat
analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan,
evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, SDM, operasi, dan
keuangan) pada berbagai jenis organisasi. Penguasaan konsep dan teknik
statistika bisnis ini diperlukan untuk pengembangan dan penerapan ilmu dalam
mata kuliah lab statistika bisnis, metodologi penelitian, dan bahan acuan pada
penulisan ilmiah/skripsi. Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu menerapkan konsep statistika
pada bidang ekonomi dan bisnis secara umum, maupun analisis dalam penelitian
ekonomi dan bisnis. Konsep statistika pada bidang ekonomi dan bisnis yang
dipelajari adalah statistik deskriptif, probabilitas dan teori keputusan,
statistik induktif, statistik non-parametrik, dan konsep deret dan waktu (time
series​)
2324-02-EKM343319-KOMPENSASI
Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana cara menghitung pemberian kompensasi yang adil dan layak bagi karyawan. Kompensasi merupakan salah faktor dalam mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia suatu organisasi. Dengan mempelajari mata kuliah kompensasi diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan konsep pemberian kompensasi yang adil dan layak kepada karyawan dan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam menyusun kompensasi karyawan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap praktek-praktek sumberdaya manusia khususnya sistem kompensasi serta mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia melalui sistem kompensasi.
2324-02-EKM372319-SEMINAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Mata kuliah ini bertujuan memahami konsep-konsep Manajemen SDM melalui artikel-artikel empiris agar mahasiswa lebih mendalami topik bahasan mata kuliah terkait sebelumnya khususnya mata kuliah Manajemen SDM. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh gambaran dan wawasan baru tentang pengelolaan SDM secara empiris.
2324-02-EKM432219-APLIKASI KOMPUTER DALAM BISNIS
Mata kuliah Aplikasi Komputer Untuk Bisnis ini merupakan suatu mata kuliah yang didesain untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari dan sekaligus mempraktikkan Aplikasi Komputer yang terkait dengan bisnis, terutama
aplikasi berbasis Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint,
Access).
2324-02-EKM463319-SERVICE EXCELLENT
Matakuliah Service Excellent/ Pelayanan Prima memberikan pemahaman dan
wawasan ilmu pengetahuan tentang service excellent yang mencakup (Pengertian,
tujuan, manfaat, ruang lingkup pelayanan prima, prinsip-prinsip pelayanan Prima,
Pradigma pelayanan dan pengukuran pelayanan prima, sikap dalam pelayanan
prima, standar mutu pelayanan prima, jenis dan karakteristik pelanggan, masalahmasalah pelayanan prima). Mata kuliah ini akan menstimulus kepedulian mahasiswa
terhadap pelanggan/klient dengan berusaha memberikan pelayanan sebaik
mungkin dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, berdasarkan standar
dan prosedur pelayanan untuk mewujudkan kepercayaan pelanggan agar mereka
selalu puas, sehingga mewujudkan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi.
2324-02-EKM430219-MANAJEMEN PEMASARAN JASA
Manajemen Pemasaran Jasa merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai sektor dan industri jasa. Sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap perekonomian dunia yang kini telah mendominasi sekitar dua pertiganya. Pertumbuhan sektor jasa yang begitu cepat dipicu oleh adanya perubahan demografis, perubahan sosial, perubahan lingkungan ekonomi, perubahan bidang politik, hukum, dan globalisasi. Dinamika yang terjadi pada sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti perbankan, asuransi, penerbangan, telekomunikasi, retail, pariwisata, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara. Selain itu juga terlihat juga maraknya organisasi nirlaba, seperti LSM, lembaga pemerintah, rumah sakit, universitas, dan lain-lain yang kini semakin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan/konsumen. Implikasi penting dari fenomena ini adalah makin tingginya tingkat persaingan, sehingga diperlukan Manajemen Pemasaran Jasa yang distinctive dibanding pemasaran tradisional (barang) yang telah dikenal selama ini.