2526-01-EIM3042-KOMPENSASI

Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana cara menghitung pemberian kompensasi yang adil dan layak bagi karyawan. Kompensasi merupakan salah faktor dalam mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia suatu organisasi. Fungsi kompensasi memberikan imbalan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang mereka keluarkan. Dengan mempelajari mata kuliah kompensasi diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan konsep pemberian kompensasi yang adil dan layak kepada karyawan dan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam menyusun kompensasi karyawan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap praktek-praktek sumberdaya manusia khususnya sistem kompensasi serta mengembangkan dan mempertahankan sumberdaya manusia melalui sistem kompensasi.

2526-01-EIM2126-MANAJEMEN OPERASI

Memperkenalkan konsep, metode dan teknik yang inheren dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam sistem operasi barang dan jasa serta memutuskan dan mengatur pelaksanaan kegiatan operasi barang dan jasa, Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi proses perencanaan dan pengendalian operasional yang berhubungan dengan operasi barang dan jasa dan menyangkul pengembangan barang dan jasa dan prosesnya, manajemen kualitas barang dan jasa dan sistem informasinya.

2526-01-EIM3051-MANAJEMEN INVESTASI DAN PORTOFOLIO

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang manajemen investasi dan portofolio. Pada prinsipnya investasi dapat dilakukan pada riil assets dan financial assets, namun pembahasan pada mata  kuliah ini fokus pada financial asset, yang diantaranya adalah saham (stock), obligasi (bonds), surat berharga derivative (financial derivative), dan future contract. Manajemen investasi pada financial assets lebih melihat pada analisis trade-off antara hasil (return) dan resiko (Risk). Sebelum keputusan investasi tersebut dilakukan, analisis tersebut jelas membutuhkan teori-teori alokasi asset dan diversifikasi yang efektif dan efisien. Dalam rangka mengaplikasikan teori-teori manajemen investasi dan portofolio dalam dunia nyata, maka analisis terhadap studi kasus, penelitian empirik serta melakukan simulasi dengan menggunakan data-data dari Bursa Efek Indonesia maupun Bursa Efek lainnya di dunia juga merupakan bagian dari proses pembelajaran mata kuliah ini.


2526-01-EIM3167-PERILAKU KEORGANISASIAN

Perilaku Keorganisasian menjelaskan hal – hal yang menyangkut dengan konsep dasar berupa perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku organisasi. Perilaku individu dalam organisasi, nilai sikap dan kepuasan kerja, kepribadian dan emosi, konsep motivasi, pembahasan kasus – kasus perusahaan dan organisasi, dasar – dasar perilaku kelompok, teori dan implementasi tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik dan negosiasi desain dan struktur organisasi, serta perubahan dan pengembangan organisasi.

2526-01-EIM2021-MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini meliputi teori dan konsep tentang Pengertian, Fungsi, dan Hakikat Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Pengenalan

Potensi Kewirausahaan, Faktor- Faktor Pendorong Kewirausahaan, Perencanaan Usaha dan Praktik Kewirausahaan, Bentuk- Bentuk Wirausaha,

Manajemen dan Pemasaran, Kiat-Kiat Keberhasilan Berwirausaha, Kemitraan Dalam Berwirausaha, Modal Usaha dan Manajemen Keuangan. Mata

kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa dasar-dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha bukan berarti bahwa mahasiswa harus

mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa dapat disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja

di bidang sosial (sociopreneur) atapun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa

untuk membuat business plan (perencanaan bisnis).

2526-01-EIM2230-MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap perekonomian dunia yang kini telah mendominasi sekitar dua pertiganya. Pertumbuhan sektor jasa yang begitu cepat dipicu oleh adanya perubahan demografis, perubahan sosial, perubahan lingkungan ekonomi, perubahan bidang politik, hukum, dan globalisasi. Dinamika yang terjadi pada sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti perbankan, asuransi, penerbangan, telekomunikasi, retail, pariwisata, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara.

Selain itu juga terlihat juga maraknya organisasi nirlaba, seperti LSM, lembaga pemerintah, rumah sakit, universitas, dan lain-lain yang kini semakin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan/konsumen. Implikasi penting dari fenomena ini adalah makin tingginya tingkat persaingan, sehingga diperlukan Manajemen Pemasaran Jasa yang distinctive dibanding pemasaran tradisional (barang) yang telah dikenal selama ini.



2526-01-EIM3041-PERILAKU KONSUMEN

Mata kuliah ini membahas masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori prilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategi pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Mata kuliah ini juga membahas mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk memahami perilaku konsumen yang akan menjadi referensi kebijakan penentuan harga, pola distribusi, desain produk dan desain promosi. Dalam mata kuliah ini juga akan diperkenalkan teori-teori dasar dan temuan tentang tingkah laku konsumen.

2526-01-EIM2019-MANAJEMEN PEMASARAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar (wajib). Mata Kuliah ini membahas tentang lingkungan pemasaran, mengelola informasi pemasaran, dinamika kompetisi dalam bidang pemasaran, pengembangan strategi pemasaran secara fungsional serta mengembangkan nilai nilai strategis yang memberikan nilai tambah bagi konsumen baik lokal maupun global secara terintegrasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup implementasi strategi pemasaran dalam upaya mencapai pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

2526-01-EIM1108-ETIKA DAN KEPRIBADIAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah perilaku dan berkarya di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya jenjang S1. Mata kuliah Etika dan Kepribadian adalah mata kuliah yang membantu mahasiswa untuk bagaimana mengenali diri sendiri dan kepribadian juga berperilaku yang baik, pembelajaran meliputi pengertian etika dan pengembangan pribadi, ukuran sikap yang baik dan buruk, komunikasi efektif dan bermakna, konsep kepribadian dengan cara mengenal diri, serta upaya untuk memiliki dan mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan sosial budaya Indonesia

2526-01-EIM3045-PEMASARAN INTERNASIONAL

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dan berkarya di Program Studi Manajemen jenjang S1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami dasar-dasar pemasaran internasional dalam rangka menghadapi pasar global. Dalam millenium baru ini impian pemasaran di masa  lalu telah menjadi kenyataan bahwa pasar global telah muncul. Setelah perang dunia kedua, terjadi  perluasan yang tiada taranya ke dalam pasar internasional oleh perusahaan-perusahaan yang sebelumnya hanya melayani pelanggan di negaranya sendiri. Saat ini telah terjadi “global village” suatu bentuk perdagangan bebas yang memungkinkan menghapuskan segala hambatan perdagangan dunia.


2526-01-EIM3080- MANAJEMEN KOPERASI

Manajemen Koperasi merupakan pengetahuan teoretis yang harus dipahami oleh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi tentang pengelolaan koperasi sebagai organisasi bisnis. Didalamnya dapat dijumpai cara-cara mengembangkan koperasi kajian manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan kewiraoperasian. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang konsep dasar Koperasi dan manajemen, Manajemen dalam Koperasi, rapat anggota, pengurus dan manajer dalam Koperasi, pengawas Koperasi, kinerja Koperasi dalam pasar, manajemen strategik Koperasi, manajemen strategik pelayanan kepada anggota Koperasi, manajemen strategik pemasaran Koperasi, manajemen strategik keuangan Koperasi, dan manajemen sumber daya manusia strategik dalam Koperasi.

2526-01-EIM3077-KOMUNIKASI BISNIS DAN NEGOSIASI

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Manajemen jenjang S1. Komunikasi bisnis merupakan pengetahuan teoretis dan praktis yang harus dipahami oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk membekali diri agar sukses mencapai tujuan individu dan tujuan organisasi. Komunikasi bisnis dapat dilakukan secara verbal dan nonverbal. Seorang pebisnis harus memiliki keterampilan berkomunikasi: berbicara, menulis dan mendengar secara efektif dan efisien. Sejalan dengan perkembangan era global, maka tuntutan kemampuan berkomunikasi bisnis tidak hanya antar perusahaan di suatu negara tetapi juga komunikasi lintas budaya dan negara.

2526-01-EIM3161-MANAJEMEN RISIKO

Mata kuliah Manajemen Risiko membahas secara komprehensif konsep, prinsip, dan praktik dalam mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko yang dihadapi oleh organisasi atau individu. Fokus utama mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan analitis dan strategis dalam mengelola berbagai jenis risiko.

2526-01-EIM2022-MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

Materi mata kuliah ini berisi nrengelai konsep-konsep manajemen Syariah yang meliputi

seorang leader dan manager yang mempunyai prinsip Syariah dalam organisasi, landasan

pokok manajemen Syariah, ruang lingkup manajemen Syariah, etika dalam manajemen

Syariah, sumber daya insani dan etos kerja dalam Syariah, tanggung jawab sosial dalam

Syariah, pemasaran Syariah, globalisasi dan permasalahan riba, dan konsep dasar dalam

manajemen keuangan dalam Syariah.


2526-01-EIM1107-MATEMATIKA UNTUK BISNIS

Matematika untuk bisnis merupakan cabang matematika terapan yang masih menggunakan dasar teori dan dalil-dalil matematika murni. Penggunaan matematika bisnis adalah untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami teori-teori yang diterapkan dalam bisnis. Matematika untuk bisnis berusaha menerapak dalil matematika sesuai dengan logika teori dalam bisnis, sehingga pembahasannya menjadi luas dan mudah dipelajari. Materi kuliah meliputi pengertian, konsep fungsi, penerapan fungsi linier dan fungsi non linier dalam proyeksi bisnis meliputi permintaan, penawaran, keseimbangan pasar, dan pendapatan nasional, aljabar, matrik, kalkulus diferensial, nilai-nilai ekstrim, dan kalkulus integral dan penerapan ekonomi (surplus konsumen dan produsen).

2526-01-EIM3065-TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Mata kuliah ini memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai metode – metode pengambilan keputusan dalam bidang bisnis. Dalam dunia bisnis tugas manajer membuat keputusan yang terkait dengan masalah-masalah bisnis, dengan keputusan tersebut diharapkan perusahaan dapat mencapai tujuannya, seperti memperluas market share, meningkatkan laba, mengurangi biaya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja bisnis dalam situasi ekonomi yang sangat kompetitif. Teori Pengambilan Keputusan akan sangat membantu dalam analisis kuantitatif, apabila data bisnis tersedia, sehingga dapat dikaji factor-faktor apa penyebab dalam bisnis itu. Apabila permasalahan tentang bisnis telah diketahui, maka keputusan yang efektif dapat dilakukan.

2526-01-EKO1002-PENGANTAR BISNIS

Mata kuliah ini didesain untuk menyiapkan mahasiswa memasuki dunia bisnis dengan memfokuskan pada konsep-konsep bisnis modern, yang menempatakan mahasiswa pada posisi sebagai seseorang pengambil keputusan sehingga dapat memahami dilema yang dihadapi oleh bisnis. Pembahasan Pengantar Bisnis menitik beratkan pada fungsi-fungsi utama bisnis, meliputi manajemen, pemasaran , keuangan, akuntansi dan sistem informasi.

2526-01-EIM2018- MANAJEMEN KEUANGAN

Mata kuliah ini meliputi gambaran dan pandangan secara menyeluruh tentang keputusan keuangan yang dibuat oleh manajer keuangan dalam perusahaan modern dewasa ini. Pembahasan meliputi prinsip dasar manajemen keuangan dan penggunaannya dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Pembahasan dalam mata kuliah manajemen keuangan meliputi fungsi, tujuan, dan keputusan keuangan, pemahaman laporan keuangan, analisis kinerja keuangan, the time value of money, capital budgeting proyek, struktur modal (teori dan keputusan), teori dan keputusan struktur modal, analisis leverage operasi, risk & return, portofolio sekuritas, biaya modal, saham, obligasi, kebijakan dividen, dan topik khusus seperti merger dan akuisisi, dan keuangan internasional. Mata kuliah ini menjadi mata kuliah dasar konsentrasi manajemen keuangan.

2526-01-EIM3063-PENGEMBANGAN ORGANISASI

PENGEMBANGAN ORGANISASI (EIM3063 - EKM464319)

Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik pengembangan organisasional yang mencakup nilai-nilai dalam pengembangan organisasional, teknik-teknik dan intervensi pengembangan organisasional, dan isu-isu kontemporer dalam perubahan organisasional terkait pengembangan organisasional.


2526-01-EIM2068-MANAJEMEN STRATEGIK

MANAJEMEN STRATEGIK (EIM2068 - EKM344419)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai manajemen strategik dan meningkatkan pengetahuan tentang kerangka konseptual/teori manajemen strategik sehingga mampu memahami, merumuskan, dan menganalis masalahan bisnis baik tingkat fungsional, bisnis maupun korporasi. Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen stratejik melalui langkah analisis lingkungan internal dan eksternal, penyusunan visi, misi dan tujuan, pemilihan strategik generik, strategi corporate, dan strategi fungsional. Selain itu, juga dibahas implementasi strategi serta proses, kriteria, dan metode evaluasi strategi.

2526-01-EIM3058-PENGEMBANGAN SDM DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA

PENGEMBANGAN SDM DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA (EIM3058 - EKM359319)

Mata kuliah ini menjelaskan praktik-praktik sumber daya manusia dalam fungsi kedua sumber daya manusia, fungsi pengembangan sumber daya manusia. Sesuai dengan judulnya maka mata kuliah ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama berbicara tentang orientasi, placement & separation; bagian kedua adalah pelatihan & pengembangan; bagian ketiga adalah perencanaan karier; dan bagian keempat mengenai penilaian prestasi kerja. Praktik pengembangan sumber daya manusia menjelaskan pelatihan dan pengembangan strategis, faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan dan pengembangan, proses pelatihan dan pengembangan, kebutuhan-kebutuhan spesifik pelatihan dan pengembangan, tujuan-tujuan spesifik pelatihan dan pengembangan, metode-metode pelatihan dan pengembangan, sistem penyampaian pelatihan dan pengembangan. Praktik penilaian kinerja menjelaskan penggunaan penilaian kinerja, faktor-faktor lingkungan penilai kinerja, proses penilaian kinerja, menetapkan kriteria standar kinerja, tanggung jawab penilaian, periode penilaian, metode-metode penilaian kinerja, masalah-masalah dalam penilaian kinerja, dan penilaian kinerja efektif.

2526-01-EIM2020-MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (EIM2020 - EKM320219)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai konsep, metode, dan teknik perencanaan, penarikan, pelatihan, pengembangan dan pendayagunaan sumber daya manusia organisasi. Pusat bahasan dalam mata kuliah ini adalah berbagai pengaruh praktek dan kegiatan manajemen sumber daya manusia terhadap kinerja dan produktivitas tenaga kerja. Pengetahuan tentang sumber daya manusia ini memberikan acuan bagi usaha pengembangan sumber daya manusia.