Ini adalah kumpulan e-learning pada semester Ganjil Periode 2025-2026

Belajar dan Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas mengenai bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep-konsep dasar belajar dan pembelajaran PAUD, karakteristik belajar dan pembelajaran PAUD, prinsip-prinsip pembelajaran PAUD, komponen-komponen pembelajaran PAUD, konsep dasar strategi pembelajaran di PAUD, karakteristik pembelajaran umum dan kelompok, strategi pembelajaran berdasarkan sentra (BCCT), teori multiple intelligence, terampil menerapkan metode pembelajaran proyek, terampil menerapkan metode plan, do, review, terampil menerapkan metode pembelajaran role playing, terampil menerapkan metode pembelajaran di dalam dan di luar kelas (indoor learning dan outdoor learning) dan pembelajaran berbasis komputer.

Inovasi Pembelajaran PAUD

Mata kuliah Inovasi Pembelajaran PAUD membahas konsep, strategi, metode, media, dan pendekatan pembelajaran kreatif yang relevan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran anak usia dini. Melalui pendekatan Problem Based Learning, mahasiswa difasilitasi untuk mengeksplorasi, merancang, dan mengembangkan berbagai bentuk inovasi pembelajaran berbasis teori perkembangan anak, teori bermain, dan teori belajar.

Bermain, Permainan, APE

Mata kuliah ini membahas konsep dasar bermain dan permainan anak usia dini, teori-teori bermain, keterkaitan bermain dengan perkembangan anak usia dini, konsep terapi bermain untuk anak usia dini, klasifikasi bermain, bentuk-bentuk permainan (fisik dan sosial), permainan tradisional dan modern, dan pengembangan alat permainan edukatif (APE) yang sesuai karakteristik anak usia dini.

Strategi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas secara mendalam berbagai strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran yang efektif dan relevan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini (AUD). Dengan problem based learning, mahasiswa mengeksplorasi dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang mendorong keterlibatan aktif anak dalam proses belajar.

Neurosains

Mata kuliah ini membahas tentang penerapan ilmu tentang otak (neurosains) dalam bidang pendidikan khususnya penerapan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pembejalaran yang tepat untuk anak usia dini berbasis neurosains, sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan prinsip kerja otak (otak rasional dan otak emosional)

GDA 4106 METODE PENELITIAN

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan penelitian campuran, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat bekerja di lingkungan persekolahan