Belajar dan Pembelajaran
Mata kuliah ini membahas mengenai bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep-konsep dasar belajar dan pembelajaran PAUD,
karakteristik belajar dan pembelajaran PAUD, prinsip-prinsip pembelajaran PAUD, komponen-komponen pembelajaran PAUD, konsep dasar strategi
pembelajaran di PAUD, karakteristik pembelajaran umum dan kelompok, strategi pembelajaran berdasarkan sentra (BCCT), teori multiple intelligence,
terampil menerapkan metode pembelajaran proyek, terampil menerapkan metode plan, do, review, terampil menerapkan metode pembelajaran role
playing, terampil menerapkan metode pembelajaran di dalam dan di luar kelas (indoor learning dan outdoor learning) dan pembelajaran berbasis
komputer.
Inovasi Pembelajaran PAUD
Mata kuliah Inovasi Pembelajaran PAUD membahas konsep, strategi, metode, media, dan pendekatan pembelajaran kreatif yang relevan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran anak usia dini. Melalui pendekatan Problem Based Learning, mahasiswa difasilitasi untuk mengeksplorasi, merancang, dan mengembangkan berbagai bentuk inovasi pembelajaran berbasis teori perkembangan anak, teori bermain, dan teori belajar.
Bermain, Permainan, APE
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bermain dan permainan anak usia
dini, teori-teori bermain, keterkaitan bermain dengan perkembangan anak usia
dini, konsep terapi bermain untuk anak usia dini, klasifikasi bermain, bentuk-bentuk
permainan (fisik dan sosial), permainan tradisional dan modern, dan
pengembangan alat permainan edukatif (APE) yang sesuai karakteristik anak usia
dini.
Strategi Pembelajaran
Mata kuliah ini membahas
secara mendalam berbagai strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran yang
efektif dan relevan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak
usia dini (AUD). Dengan problem based learning, mahasiswa mengeksplorasi
dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang mendorong
keterlibatan aktif anak dalam proses belajar.
Neurosains
Mata kuliah ini membahas tentang penerapan ilmu
tentang otak (neurosains) dalam bidang pendidikan khususnya penerapan dalam
pembelajaran untuk anak usia dini. Mahasiswa diharapkan dapat memahami
pembejalaran yang tepat untuk anak usia dini berbasis neurosains, sehingga
dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan prinsip kerja otak (otak
rasional dan otak emosional)
GDA 4106 METODE PENELITIAN
Mata kuliah ini membahas secara
mendalam konsep penelitian pendidikan
khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun
penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya
adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan
dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2)
ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksaan penelitian
kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5)
konsep dasar dan pelaksanaan penelitian campuran, dan (6) strategi menyusun
proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa
diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta
melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak
pada saat bekerja di lingkungan persekolahan