UNI7102 Metodologi Penelitian, Etika, dan Publikasi Ilmiah

Mata kuliah ini membahas beberapa topik: 1. Menganalisis     konsep     dasar     metodologi penelitian; 2.      Mengaplikasikan etika penelitian; 3. Menganalisis publikasi ilmiah; 4. Mengembangkan desain penelitian; 5.      Menganalisis data penelitian; 6. Menulis laporan hasil penelitian; dan 7. Memanfaatkan teknologi dalam penelitian. Perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka ataupun daring. Evaluasi perkuliahan meliputi penyajian makalah, UTS, UAS, tugas projek, juga partisipasi dalam diskusi.

GPD7103 Etnopedagogi dan Transformasi Digital dalam Pembelajaran

Mata kuliah ini berisi materi pembelajaran berbasis etnik, baik yang digunakan sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran. Mahasiswa mempelajari aspek-aspek pembelajaran berbasis etnik dan pembelajarannya di Era Transformasi Digital yang memberikan perspektif lintas disiplin mengenai digitalisasi sebagai transformasi sosial dan dampaknya terhadap komunikasi dan pembelajaran. Mata kuliah ini menyajikan keterbukaan dalam interpretasi digital dan dampaknya terhadap pembelajaran dan komunikasi, mengakui konteks sejarah dan implikasi kontemporer yang muncul dari wacana digitalisasi. Mata kuliah ini menyajikan triangulasi perspektif yang berbeda. Perspektif-perspektif ini, mulai dari perlawanan digital dan pertanyaan-pertanyaan cyber-religius hingga refleksi media-teoritis budaya-ilmiah, yang menunjukkan keterbukaan performatif. Mata kuliah ini mewakili pendekatan interdisipliner dan membuka ruang untuk memahami kompleksitas sosial transformasi digital dan etnopedagogi dalam proses belajar mengajar.

UNI7101 FILSAFAT ILMU LANJUT

Matakuliah ini merupakan matakuliah dasar keilmuan yang memberikan pengalaman belajar melakukan kajian kritis terhadap aspek-aspek filsafat ilmu, termasuk filsafat ilmu pendidikan. Matakuliah ini membahas topik-topik Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi ilmu dan ilmu Pendidikan; aplikasi epistemologi dalam pengembangan Ilmu Pendidikan; dan aksiologi ilmu Pendidikan yang berupa kebijakan Pendidikan nasional dari zaman ke zaman. Kegiatan perkuliahan berupa analisis kritis terhadap pandangan filosofis, teoretis, dan pragmatis tentang filsafat ilmu dan/atau filsafat Pendidikan. Penilaian didasarkan pada kemampuan analisis kritis dan pengembangan gagasan kreatif dalam makalah presentasi, hasil ujian tengah semester, dan hasil ujian akhir semester. Luaran yang diperoleh berupa hasil pemecahan masalah terhadap kasus-kasus kependidikan nasional ataupun global.