MKF2205 - Teknologi Farmasi Sediaan Padat Tahun 2025

Mata kuliah yang mengajarkan konsep preformulasi dan proses pembuatan sediaan padat, yang meliputi sediaan Tablet, Kapsul dan Sustained release serta proses evaluasi dan monitoringnya

MKF3210 - Teknologi Pengemasan Tahun 2025

Materi yang mengajarkan konsep kemasan, jenis bahan kemasan, teknik pengemasan untuk sediaan farmasi

MKF3209 - Nanoteknologi Tahun 2025

Mata kuliah yang mengajarkan konsep nanoteknologi dalam penghantaran obat, proses dan teknik pembuatan serta evaluasinya

MKF3211 Pengembangan Produk Tahun 2025

Mata kuliah yang mengajarkan konsep dasar dan teori pengembangan produk kefarmasian, dari life cycle produk farmasi hingga desain eksperimental

MKF 1203 PRAKTIKUM FARMAKOLOGI DASAR 2025

Praktikum farmakologi dasar merupakan mata kuliah yang termasuk kedalam kelompok matakuliah keterampilan farmasi. Mata kuliah ini Eksperimen-ekperimen dasar farmakologi, modifikasi dosis obat, metabolisme obat, penentuan efektivitas dan keamanan obat (ED-50 dan LD-50), uji aktivitas tukak lambung, uji aktivitas antidiare, uji aktivitas laksansia, uji aktivitas analgetik, uji aktivitas antiinflamasi, uji aktivitas anestesi umum, uji aktivitas stimulansia dan uji aktivitas diuretik


MKF3206 FARMASI KOMUNITAS DAN KLINIK 2025

Mata kuliah Farmasi Komunitas dan Klinik merupakan mata kuliah wajib yang termasuk kedalam kelompok inti keilmuan. Farmasi Komunitas dan Klinik ini sangat erat kaitannya dengan semua mata kuliah lainnya yang ada dalam unit bagian ilmu di farmasi yaitu Farmakologi, dan lain-lain. Mata kuliah ini merupakan suatu cara untuk memahami tentang farmasi komunitas dan klinik, apotek & ruang lingkup, pharmapreuner, manajemen apotek analisa pendirian apotek, pengelolaan sediaan farmasi, diskusi apotek kie (komunitas informasi edukasi), history teling, patient konseling, aethic dan law pharmacist, kasus dan simulasi. Metode yang dikembangkan adalah metode Student Center Learning (SCL) berbasis Collaborative Learning. Dengan metode ini mahasiswa dituntut lebih aktif belajar mandiri sehingga pada saat diskusi mahasiswa dapat lebih berkontribusi secara aktif.