2324-02-SPK2211 Komunikasi Organisasi
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar mengenai karakteristik komunikasi organisasi, tujuan organisasi, fungsi manajemen, jaringan komunikasi, budaya organisasi, iklim organisasi, dan konsep lainnya yang berhubungan dengan komunikasi organisasi. Mata kuliah ini juga fokus mengkaji teori organisasi, meliputi teori manajemen ilmiah, teori hubungan manusia, dan teori sistem, dan teori kontemporer tentang kualitas organisasi.
2324-02-SPK1206 Sistem Komunikasi Indonesia
Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa bahwa sistem komunikasi merupakan subsistem dari sistem sosial, politik dan budaya. Mata kuliah ini juga mengkaji karakteristik sistem komunikasi di Indonesia, kebebabasan berpendapat dan demokrasi, sistem komunikasi pedesaan dan perkotaan, fungsi sistem komunikasi di Indonesia, hubungan antara sistem komunikasi interpersonal dengan komunikasi massa, serta membahas keterkaitan antara sistem komunikasi dan perubahan sosial di Indonesia.
2324-02-SPK3217 Etika Komunikasi
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman, serta kemampuan analisis mahasiswa mengenai etika profesi di bidang jurnalistik (cetak, penyiaran, dan online), public relations, komunikasi pemasaran, dan periklanan dengan memakai sudut pandang teori-teori etika dan nilai-nilai kemanusiaan. Mata kuliah ini memberikan pemahaman pada siswa mengenai pengertian etika, hubungan filsafat dan etika, unsur pokok dalam etika komunikasi, privasi dalam etika komunikasi, konfidensialitas dan kepentingan umum, serta permasalahan dilema etis yang sering ditemui di lapangan.
2324-02-SPK2217 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mata kuliah ini mengkaji tentang konvergensi media, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telekomunikasi dan keterkaitannya dengan kewarganegaraan, implikasi sosial dari perkembangan teknologi digital, serta industri media baru. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman umum mengenai proses komunikasi manusia dan perkembangan medium komunikasi.