Available courses

2223-01-TKK223318 PRAKTIKUM TEKNOLOGI BIOPROSES

Mata kuliah praktikum teknologi bioproses merupakan mata kuliah yang melatih kemampuan atau keterampilan mahasiswa dalam melakukan kerja praktek biokimia dan bioproses di laboratorium

20241 - EMM6006 - KAJIAN KHUSUS EKONOMI ISLAM

Ekonomi Islam adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara sesuai dengan prinsip syariat Islam.

20241 - EMM5003 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah proses mengatur sumber daya manusia (SDM) di dalam suatu organisasi agar dapat bekerja secara efektif dan efisien. MSDM mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan terkait SDM.

20241 - EMM5012 - MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL

Manajemen keuangan internasional adalah praktik pengelolaan sumber daya dan risiko keuangan dalam skala global. Manajemen ini mencakup berbagai kegiatan keuangan lintas batas negara, seperti investasi, pembiayaan, dan manajemen risiko.

20241 - EMM5011 - MANAJEMEN KOMPENSASI

Manajemen kompensasi adalah proses yang dilakukan perusahaan untuk menentukan gaji dan tunjangan yang sesuai untuk karyawan. Manajemen kompensasi merupakan bagian penting dari strategi manajemen dan retensi karyawan

20241 - EMM6004 - RISET PEMASARAN

Riset pemasaran adalah proses pengumpulan, analisis, dan penarikan kesimpulan data untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai tujuan perusahaan.

20241 - EMM6004 - EKONOMI MANAJERIAL

Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam proses pengambilan keputusan di dunia bisnis. Ekonomi manajerial merupakan kombinasi dari ilmu ekonomi dan teknik pengambilan keputusan.

20241 - EMM5004 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Akuntansi manajemen adalah cabang akuntansi yang berfokus pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data keuangan dan non-keuangan. Data tersebut digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahaan

20241 - EMM5008 - PERILAKU DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI

Perilaku organisasi adalah studi tentang bagaimana manusia berinteraksi dalam suatu kelompok atau organisasi, sedangkan pengembangan organisasi adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan kinerja organisasi

20241 - EMM5007 - TOPIK KHUSUS MANAJEMEN PEMASARAN DAN ANALISIS PERILAKU KONSUMEN

Topik Khusus Manajemen Pemasaran dan Analisis Perilaku konsumen sendiri adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan mengonsumsi barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Analisis perilaku konsumen dapat memberikan manfaat, seperti: Membantu meningkatkan produk Memuaskan pelanggan Meningkatkan indikator kinerja utama Membantu membina hubungan jangka panjang dengan konsumen Membantu memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan bisnis Membantu pemasar memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan Membantu pelanggan mendapatkan kepuasan yang lebih besar Membantu pelanggan menjadi lebih loyal Memahami perilaku konsumen merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyusun strategi pemasaran produk

20241 - EMM6003 - ENTREPRENEURSHIP

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah proses memulai dan mengelola bisnis yang kreatif, inovatif, dan sistematis. Entrepreneurship juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melihat peluang di tengah tantangan dan ketidakpastian.

20241 - EMM5002 - MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan adalah ilmu dan seni dalam mengelola dana, baik untuk individu, bisnis, atau organisasi. Manajemen keuangan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya keuangan

20241 - EMM5005 - ETIKA BISNIS

Etika bisnis adalah prinsip dan standar yang mengatur perilaku bisnis dalam konteks profesional. Etika bisnis mencakup berbagai aspek, seperti: Kejujuran, Transparansi, Tanggung jawab sosial, Keadilan, Menghormati hak-hak individu.

20241 - EMM6002 - MANAJEMEN STRATEGIK DAN WEALTH MANAGEMENT

Manajemen strategis adalah proses yang dilakukan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan yang diambil organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjangnya

20241 - EMM5001 - MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran juga disebut sebagai marketing management.

20241 - EMM5006 - METODOLOGI PENELITIAN BISNIS

Metodologi penelitian bisnis adalah ilmu yang mempelajari cara melakukan penelitian dalam konteks bisnis. Metodologi penelitian bisnis juga merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Manajemen untuk mempersiapkan diri dalam menyusun penelitian ilmiah.

20241 - EMM6001 - MANAJEMEN OPERASI

Manajemen Operasional (MO) merupakan rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output. Aktifitas tersebut berlaku untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan.